Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah melantik pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Paser masa bakti 2013-2015 di Gedung Perempuan Berjaya, Tana Paser, Rabu.

Hadir dalam pelantikan ini Asisten I Setda kab.Paser Drs Heriansyah Idris, Wakapolres Paser Kompol Rachmad Nusi,  Ketua FKUB Paser Drs. Asma Zaini dan para pejabat di lingkungan Pemkab Paser.

Jumlah pengurus FPK Kabupaten Paser masa bhakti 2013-2015  sebanyak 27 orang. Mereka mewakili  masing-masing suku.

Dalam sambutannya, HM Mardikansyah mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung terbentuknya forum pembauran kebangsaan ini sebagai upaya memperkokoh negara kesatuan republik indonesia.

Untuk itu, kata dia, setelah terbentuk forum pembauran kebangsaan, segera berkoordinasi dengan forum-forum lain yang sejenis seperti forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) dan forum kerukunan antar  umat beragama (FKUB).

"Ketiga forum ini harus bersinergi dalam mencapai tujuan yakni terciptanya kondisi stabilitas yang baik di Kabupaten Paser," katanya.

Sementara Ketua Forum Pembauran Kebangsaan H. Abdullah S.Sos mengatakan sudah menjadwalkan rencana pembentukan FPK tingkat kecamatan secara bertahap.

"Sampai akhir tahun ini sudah direncanakan pembentukan FPK di tiga kecamatan, yakni Long Kali, Long Ikkis, dan Batu Kajang," kata Abdullah.

Menurut dia, ketiga kecamatan ini memang diprioritaskan mengingat daerah ini  termasuk wilayah padat penduduk dan banyak suku yang tinggal di sana.

Untuk tujuh kecamatan lainnya, tambah dia, pembentukan FPK akan dilaksanakan pada tahun 2014. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013