Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Berau, Kaltim memusnahkan barang bukti berupa minuman keras, narkoba, senjata tajam, barang curian dan sebagainya dari 155 perkara yang masuk sejak Maret hingga September 2022.


“Pemusnahan barang bukti ini merupakan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht),” kata Kepala Kejaksaan Negeri Berau Nislianuddin di Tanjung Redep, Selasa.

Ia mengatakan, pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dipotong untuk barang bukti berupa senjata tajam, dibakar, dan dilindas menggunakan alat berat untuk barang bukti berupa minuman keras.

Dijelaskannya, dari 155 perkara itu, diantaranya 53 perkara narkotika,15 perkara minuman keras yakni sebanyak 1.884 botol. Khusus untuk barang bukti narkotika sebelumnya sudah dimusnahkan.

"Pemusnahan barang bukti ini merupakan bentuk transparansi dari penegakan hukum yang ujungnya adalah eksekusi. Selain itu juga sebagai bentuk pencegahan dini agar barang bukti tidak dapat dimanfaatkan lagi," terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau Gamalis mengatakan pemusnahan barang bukti itu merupakan bukti keseriusan penegakan hukum di Kabupaten Berau.

“Langkah yang sudah dilakukan oleh para penegak hukum ini patut kita apresiasi dan merupakan bukti keseriusan,” ujarnya.

Gamalis juga menyebutkan, selama ini ada kecenderungan mengesampingkan Miras. Tapi hari ini sudah ada pemusnahan yang diprakarsai Kejari Berau yang dihadiri dari Polres Berau, Pengadilan Berau, Satpol PP, dan lainnya.

Sekadar diketahui pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan Wakil Bupati Berau Gamalis, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya beserta jajarannya, perwakilan Pengadilan Negeri Tanjung Redeb Azhar Rasyid dan Kasatpol PP Anang Saprani.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022