Komisi III DPRD Samarinda memuji sistem Horizontal Directional Drilling (HDD) yang sedang diterapkan Kota Makassar. Sistem tersebut dinilai mampu merapikan bentangan kabel Telkom, PLN dan lainnya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda Mohammad Novan Syahronny Pasie usai melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar beberapa waktu lalu.

“Sistem HDD mempunyai kelebihan membuat kabel menjadi rapi. Dan, sistem tersebut bisa memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Makassar.

 
Logo DPRD Samarinda (Arumanzo)
“Kalau proyek itu selasai, maka sistem itu bisa menghasilkan PAD bagi Kota Makassar yang nilainya mencapai Rp700-an miliyar per tahun,” ucap dia.

Menurut dia, sistem HDD di Kota Makassar sebenarnya bisa diterapkan di Samarinda. Sebab, permasalahan Kota Makassar dengan Samarinda hampir sama. Tetapi, Kota Makassar lebih kreatif.

“Di Samarinda, kita bisa lihat sendiri kabel-kabel di ruas jalannya. Kalau kita bisa menerapkan sistem HDD, maka saya rasa akan lebih enak dipandang, bahkan bisa berpotensi menghasilkan PAD,” jelas dia. (ADV)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022