Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Tim penilai Lomba Kesehatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kutai Kartanegara (Kukar) akan mulai bertugas pada Rabu (18/9).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Kukar Dafip Haryanto mengatakan, tim penilai tersebut terdiri dari unsur akademisi, PKK, unsur petugas kesehatan, Badan Lingkungan Hidup Daerah, dan Dinas Cipta Karya.  

Tim penilai itu terbagi tiga regu yang akan menilai tiap-tiap ruangan SKPD. Regu I beranggotakan Edi Abudiono, Dr Mauritz Silalahi, H Asmuni dan Fahruji. Regu II yaitu Rosita Sinuraya, Yuana Indrawati dan Murniwaty. Sedangkan Regu III yakni Abdul Hadi, Haria Noval dan Hj Rahmawati.

Adapun yang akan dinilai antara lain, aspek tempat pembuangan sampah, ruang terbuka hijau, estetika, kebersihan WC, penanganan sampah, sarana dan prasaran kebersihan, pemisahan atau pemilihan sampah, penataan ruang kantor, serta drainase atau saluran air.

"Adanya kawasan tanpa asap rokok di SKPD juga menjadi penilaian khusus. Jadi aspek penilaian suatu SKPD meliputi konsep bersih, hijau dan sehat," ungkap Dafip saat dihubungi, Sabtu (14/9).

Dafip menambahkan, selain lomba SKPD sehat, Pemkab Kukar juga mengadakan lomba sekolah sehat dan RT sehat se-kota Tenggarong, penilaiannya akan dimulai sejak 16 hinga 25 September ini.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tenggarong ke-231 dan mempersiapkan penilaian Adipura untuk Tenggarong.

Kegiatan bertajuk “Kota Tenggarong Sehat 2013 Menuju Kabupaten Kutai Kartanegara Sehat 2015” ini dilaksanakan oleh Forum Kabupaten Sehat Kutai Kartanegara (FKSKK).

Hadiah pemenang lomba yaitu piala bergilir, piala tetap, piagam penghargaan, dan uang tunai serta hadiah lainnya  berupa kendaraan roda dua untuk fasilitas kebersihan. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013