Legislator Kota Samarinda yang juga menjabat Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda,  Deni Hakim Anwar menyebutkan program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang ada di Kota Samarinda berjalan baik, hal itu dibuktikan dengan angka universal health coverage (UHC)  mencapai 96, 11 persen.

 

"Alhamdulillah UHC Samarinda saat ini sudah mencapai di angka 96, 11 persen, artinya program JKN sudah  berjalan  baik di kota ini," kata Deni di Samarinda, Kamis.

Ia mengaku, ke depan pihaknya akan lebih meningkatkan lagi dengan adanya program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat (Probebaya).

Ia mengatakan, Probebaya akan memasukkan  warga yang belum mempunyai BPJS kesehatan,  supaya nantinya bisa mencapai 100 persen. Jadi semua warga Samarinda memiliki BPJS Kesehatan.

Deni Hakim mengemukakan  DPRD Kota Samarinda, khususnya Komisi IV menerima kunjungan dari  DPRD Kabupaten Pekalongan, membahas studi komparasi mengenai program JKN di Samarinda.

"Kami memadukan data-data apa  saja yang sudah dicapai  Samarinda, kita saling diskusi. Sementara dari Pekalongan menyampaikan bahwa saat ini  UHC mereka baru sampai di 85 persen," katanya.

     DPRD Samarinda (Dok)


Selain itu DPRD Kabupaten Pekalongan juga saat ini ingin melakukan studi terhadap program Probebaya  Kota Samarinda karena dinilai langsung menyentuh masyarakat.

“Berdasarkan hasil pertemuan dengan DPRD Pekalongan, mereka  mengapresiasi dan terkesan   apa yang telah dicapai Samarinda,  makanya mereka ingin mengetahui   Program Probebaya Samarinda,” ujar Deni Hakim.(Adv)
 

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022