Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalimantan Timur (Kesbangpol Kaltim) Sufian Agus mengungkapkan saat ini tercatat sedikitnya ada 11 partai politik (parpol) baru yang sudah mendaftar jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tercatat memang sudah ada 11 parpol baru. Mereka ini baru tahap pendaftaran, belum tahap seleksi," ungkap Sufian di Samarinda, Selasa.

Dijelaskan Sufian, persiapan pemilu saat ini sampai di tahapan pertama dan pihaknya sudah melaksanakan dengan berkoordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Tahapan pertama ini kan tahapan pendaftaran parpol, khususnya parpol baru. Jadi dari bulan Juni sampai bulan Desember nanti parpol akan mendaftar," jelasnya.

Sementara itu, Sufian menyebutkan parpol yang saat ini sudah mengisi kuota di DPR hanya ada 10 partai.

"Kita hanya 10 partai yang masuk mendapat kursi di DPR. Sekarang partai baru ada 11 dan yang lain kita belum tau lagi," tuturnya.

"Mereka daftar belum tentu juga dapat kursi dan belum tentu juga mendapat suara," sambungnya.

Lanjut Sufian, berikutnya pada tahap seleksi yang pertama ada seleksi administrasi dengan salah satu persyaratan harus memiliki kepengurusan di delapan dari 10 kabupaten/kota di Kaltim.

"Kalau mereka tidak punya itu otomatis sudah gugur. Terpaksa mereka tidak lulus dalam seleksi administrasi di KPU," tegasnya.

Sufian menegaskan, sebelum para parpol mendaftar ke KPU mereka harus meminta rekomendasi terlebih dahulu ke Kesbangpol.

"Makanya mereka tercatat di Kesbangpol berapa jumlahnya kelihatan. Untuk kabupaten/kota juga belum tentu sama dengan provinsi," pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kaltim)

Pewarta: R'sya R

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022