Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menetapkan pada tahun ajaran baru 2022/2023 pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah di daerah tersebut secara normal.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi di Banjarmasin, Kamis, tahun ajaran baru 2022/2023 di daerah itu untuk tingkat TK, SD, dan SMP dimulai pada 18 Juli 2022.

Dia mengatakan dengan terus meningkatnya capaian vaksinasi COVID-19 di kalangan pelajar, maka PTM penuh bisa dilaksanakan semua sekolah, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap harus wajib pakai masker, demikian juga jangan sampai berkerumun," ujarnya.

Dia mengatakan pertimbangan PTM normal ini salah satunya data vaksinasi COVID-19 dari Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalsel, vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun mencapai 96,14 persen.

"Tapi ini suntik dosis pertama yang 96,14 persen," ujarnya.

Dia mengatakan untuk vaksinasi dosis kedua di kalangan pelajar usia 6-11 tahun tersebut mencapai 76,98 persen.

"Ini data yang kita dapat pada saat ikut rapat zoom meeting dengan BIN Kalsel terkait COVID-19," tuturnya.

Dia mengatakan capaian vaksinasi tingkat pelajar terus diupayakan naik hingga 100 persen.

"Saat tahun ajaran baru nanti akan kita kejar lagi sasarannya. Gerai vaksinasi juga akan kita buka di sekolah-sekolah," ujarnya.

Nuryadi juga menyampaikan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah level 1 di Kota Banjarmasin termasuk jadi acuan untuk PTM normal.

Jika PTM terbatas ditetapkan hanya maksimal empat jam waktu pembelajaran, saat PTM normal sejak masuk kelas pukul 07.30 Wita, untuk tingkat SD pulang pukul 13.30 Wita, sedangkan SMP pukul 14.30 Wita.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022