Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Timur menyiapkan dua agenda debat pasangan calon gubernur Kaltim yang akan disiarkan secara langsung stasiun televisi nasional.

Sekretaris KPU Kaltim Achmadi di Samarinda, Rabu, mengatakan agenda debat pasangan gubernur pertama dijadwalkan pada 1 September 2013 yang akan langsung diwakili tiga pasangan calon beserta tim pemenangannya.

Sedangkan agenda debat pilgub kedua dijadwalkan pada 6 September 2013 dengan menghadirkan tim sukses atau pemenangan pasangan calon tanpa harus diwakili oleh pasangan pilgubnya.

"Teknisnya masih disusun, dan akan kami bicarakan lebih lanjut dengan komisoner KPU Kaltim dan pihak-pihak terkait lainnya,"jelas Achmadi.

Disinggung masalah materi debat, Achmadi mengatakan bahwa materi debat sifatnya bebas yakni persoalan ekonomi, sosisal, budaya, dan lain sebagainya sesuai dengan penyampaian visi dan misi pasangan cagub tersebut.

"Mungkin menjelang pada hari H bakal ada rapat teknis dengan KPU dan TV yang menyiarkan program acara debat ini,"terang Achmadi.

Pada debat tersebut, rencananya bakal menggunakan dua panelis yakni dari lokal seperti Samarinda dan Jakarta.

"Sementara nama-nama panelisnya memang masih belum final, namun di antaranya dipastikan tokoh lokal masuk sebagai panelis,"tutur Acmadi.

Selain pasangan calon gubernur yang dihadirkan, pada debat tersebut juga dipersilahkan untuk menghadirkan tim sukses pasangan dengan batasan 75 orang untuk masing-masing pasangan calon.

Achmadi mengatakan khusus untuk agenda debat kedua pada 6 September 2013 tidak mewajibkan pasangan calon gubernur hadir dan hanya cukup dowakili tim suksesnya.

"Saya masih menunggu intruksi dari ketua KPU Kaltim terkait agenda ini, namun di sekretariat telah menyiapkan bila agenda tersebut jadi dilaksanakan," kata Achmadi. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013