Al-Aziziyah FC melaju ke Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) seusai mengalahkan Annahu FC dengan skor 4-0 di final tingkat Kota Samarinda.


"Piala KSAD Liga Santri ini digelar untuk menindaklanjuti perintah dari KSAD yang bekerjasama dengan PSSI," ujar Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dalam sambutan yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud saat membuka pertandingan tersebut di Samarinda, Selasa.

Usai pertandingan di Lapangan Gelora Kadrie Oening Samarinda yang dimenangkan oleh Al-Aziziyah, Kasrem  menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada dua kesebelasan, karena keduanya berhasil hingga ke babak final tingkat kota.

Pertandingan di tingkat kota ini merupakan tahap awal dari tahapan Piala KSAD Liga Santri, dan dilanjutkan di tingkat Provinsi Kaltim hingga tingkat nasional.

Tujuan dari kejuaraan sepak bola ini antara lain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keahlian para santri yang selama ini menuntut ilmu agama di pondok pesantren.

Dari kejuaraan ini diharapkan terwujudnya mental bertanding yang tangguh, rasa solidaritas tinggi, kesetiakawanan para santri baik dalam satu pesantren maupun antarpesantren, termasuk untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan santri.

Liga Santri bukan sekadar kompetisi sepak bola, melainkan juga sebagai sarana membangun silaturahmi antarpesantren, termasuk sebagai komando kewilayahan TNI dan pemerintah.

"Para santri adalah komponen bangsa yang memiliki peran penting dalam membawa masa depan bangsa. Oleh karena itu, melalui sinergi bersama diharapkan mampu memperkuat benteng NKRI yang menjunjung tinggi ideologi Pancasila," kata Kasrem 091/ASN menegaskan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso dalam kesempatan itu menyatakan, Pemkot Samarinda memberikan apresiasi dan penghargaan atas kerja TNI dalam kejuaraan sepak bola Piala KSAD, karena giat ini juga untuk menjaring bibit unggul.

"Semoga dengan doa dan salawatnya, santri juga bisa menjadi atlet nasional. Sedangkan melalui turnamen ini juga saya harapkan dapat melahirkan karakter anak bangsa yang ulet, sportif, dan memiliki disiplin tinggi," ujar Rusmadi.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022