Sebanyak 66 murid TK Negeri 10 Samarinda, Kalimantan Timur, dibawa gurunya ke markas Komando Militer 091/ASN (Aji Surya Natakesuma) untuk dikenalkan berbagai jenis persenjataan milik TNI AD yang ada di markas itu. 


"Terima kasih untuk kepala sekolah, ibu guru dan anak-anak yang telah berkunjung. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mencintai Tanah Air yang dilakukan sejak usia dini," ujar Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Korem 091/ASN Kapten Inf Sukoco melalui rilis Penrem 091/ASN di Samarinda, Selasa. 

Kunjungan para murid TK ini sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga ia mengapresiasi pihak sekolah yang mengajak siswa ke markas Korem 091/ASN ini. 

Kunjungan 66 murid TK tersebut dilakukan pada Senin kemarin. Mereka didampingi oleh beberapa tenaga pendidik dan sejumlah orang tua murid.

"Kunjungan ini merupakan implementasi dari tema pembelajaran tentang pengetahuan tugas pokok Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), sekaligus untuk mewujudkan cita-cita anak-anak menjadi TNI di masa mendatang," katanya. 

Sementara itu, di bagian awal pertemuan, mereka disajikan video tentang profil prajurit, kemudian anak-anak diberi penjelasan tentang tugas pokok TNI secara umum oleh Kapten Inf Sukoco.

Setelah selesai menerima penjelasan, anak-anak diberi kesempatan untuk melihat dari dekat berbagai macam seragam yang digunakan TNI AD beserta perlengkapan senjatanya, termasuk fungsi senjata untuk mempertahankan diri dari musuh. 

Para murid TK tersebut penuh keceriaan saat berkeliling di Markas Korem 091/ASN sembari mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh anggota yang bertugas, baik mengenai bagian-bagian kantor dan fungsinya hingga mengenalkan senjata milik Batalyon Infantri 611/Awang Long.

Di lokasi yang sama, Kepala TK Negeri 10 Samarinda Diah Permata Lestari mengatakan, dengan datang langsung ke Korem 091/ASN,  para murid tentu melihat secara langsung bagaimana keseharian dan tugas prajurit TNI AD dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, untuk menjaga kedaulatan NKRI dan membantu masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Korem 091/ASN yang telah menerima kami dan membawa anak-anak keliling melihat persenjataan yang digunakan TNI, bahkan diajak foto bersama dengan prajurit beserta alat tempur sehingga membuat anak-anak sangat terhibur," katanya. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022