Bisnis sewa mobil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur bergairah seiring ditetapkan Kecamatan Sepaku di daerah itu sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sejumlah pemilik penyewaan mobil di Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditemui ANTARA di Penajam, Minggu, menyebutkan banyak pejabat negara maupun masyarakat umum melakukan kunjungan ke titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku berdampak besar terhadap usaha rental mobil.

"Permintaan sewa mobil mulai banyak setelah Sepaku ditetapkan lokasi IKN," ujar pemilik penyewaan mobil Abdy Riski Jaya Rental Kabupaten Penajam Paser Utara, Faruq Waluyo.

Permintaan rental mobil bukan saja dari warga Kabupaten Penajam Paser Utara, tetapi dari masyarakat umum luar daerah dan pejabat pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Bisnis penyewaan mobil di Kabupaten Penajam Paser Utara diprediksi semakin menggembirakan setelah kehadiran IKN Indonesia baru bernama Nusantara, sebab banyak masyarakat yang berkunjung ke daerah berjuluk "Benuo Taka" tersebut.

"Kami berencana akan tambah unit mobil, saat ini baru punya dua unit mobil yang disewakan. Kami kewalahan hampir setiap hari ada permintaan dan peluang bisnis rental mobil makin besar," kata dia.

Pemilik penyewaan mobil Arya Ahmad Jaya Transport Kabupaten Penajam Paser Utara, Andre, juga mengatakan banyaknya permintaan sewa mobil seiring hadirnya IKN Nusantara tersebut.

"Hadirnya IKN Nusantara permintaan sewa mobil semakin banyak," kata dia.

Rental mobil Arya Ahmad Jaya Transport yang memiliki 10 unit mobil untuk disewakan tersebut, terkadang tidak mampu memenuhi permintaan banyaknya masyarakat yang berkunjung, terutama ke titik Nol IKN Nusantara.

Dalam satu hari, kata dia, bisa semua unit mobil yang tersedia disewa, sedangkan paling sedikit per hari tiga unit mobil yang disewa dengan tujuan ke lokasi titik nol IKN Nusantara.

Para pemilik penyewaan mobil mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang mendesak pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan menuju IKN Nusantara.

Saat ini pemerintah pusat mulai melakukan perbaikan akses Jalan Poros Petung-Sepaku di wilayah Kelurahan Riko sampai Kelurahan Pemaluan, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022