Samarinda (ANTARA Kaltim)- Keluarga merupakan unit terkecil yang terpenting dalam pembentukan dan pembinaan keluarga sakinah. Keluarga sakinah akan membentuk karaktek dan berpengaruh kepada lingkungan masyarakat.

“Pembangunan yang kita kehendaki menyangkut kemajuan yang integral mencakup aspek moral dan mental spiritual. Pembentukkan keluarga sakinah akan mampu menciptakan linghkungan yang lebih baik,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak pada Pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi di Pendopo Lamin Etam, Kamis (15/8).

Menurut dia, pembentukkan keluarga sakinah akan mampu mendukung program pemerintah dalam upaya menciptakan generasi yang berakhlak mulia serta memiliki prilaku yang santun dan mengerti tata aturan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim HM Kusasi menyebutkan tahun ini pemilihan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi Kaltim diikuti 12 kabupaten dan kota se-Kaltim.

“Dua daerah tidak mengirimkan utusannya yakni Tana Tidung dan Nunukan. Sedangkan para peraih Keluarga Sakinah Teladan kali ini merupakan hasil seleksi dari tingkat desa dan kecamatan hingga kabupaten/kota dan dinilai tingkat provinsi selanjutnya diikutkan pada tingkat nasional,” ujar Kusasi.

Dalam kesempatan itu Gubernur memberikan pengahrgaan bagi Terbaik I diraih pasangan Hj Jumaiyah dan H Suryono dari Kutai Barat, Terbaik II Hj Siti Hasanah dan H Abdurrahman Thalib dari Bulungan dan Terbaik III diperoleh Hj Raminem dan H Suripno dari Balikpapan.

Terbaik Harapan I diterima Hj Daliah dan H Setiyo dari Samarinda dan Terbaik Harapan II diraih Jamilah dan Syahransyah dari Kabupaten Paser serta Terbaik Harapan III  diperoleh Sri’ah H Muhammad Sudirman dari  Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penghargaan I diberikan kepada Hj Dahliana dan H Ibrahim Baen dari Kutai Timur dan Penghargaan II diperoleh Hj Ponirah dan H Untung Sudaryanto dari Tarakan serta Penghargaan III diraih Hj Siti Safur dan H Abdul Hafid dari Kabupaten Berau.

Penghargaan IV diterima Aslamiah dan Yunani dari Kabupaten Malinau dan Penghargaan V diraih Hj Ramliyah dan H Abu Talib dari Kutai Kartanegara serta Penghargaan VI diberikan kepada Hj Saodah dan H Ismail Snen dari Bontang.

Termasuk diberikan penghargaan bagi Kantor Urusan Agama (KUA)  Teladan tingkat Provinsi Tahun 2013 serta pemenang Lomba Baca Kitab serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Penghulu Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2013.

Pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan tingkat Provinsi Kaltim diselenggarakan kerjasama Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kaltim dengan Kanwil Kementerian Agama Kaltim.(Humas ProvKaltim/yans)

 









Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013