Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser dikunjungi rombongan siswa TK Negeri Tanah Grogot untuk belajar tentang lingkungan yang berkaitan dengan air dan api Jum'at (20/5). 


Kedatangan siswa-siswi TK Negeri Tanah Grogot tersebut disambut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Paser, M. Lukman Dharma. 

"Kami senang mendapat kunjungan  anak-anak untuk pembelajaran tentang air, udara, dan api," kata Lukman.

Selama kunjungan itu, para siswa jelaskan tentang fungsi air dan gambaran  kerja petugas Damkar saat memadamkan api ketika kebakaran terjadi. 

Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman tentang pentingnya api bagi kehidupan serta keharusan mengendalikan api agar tidak membahayakan manusia. 

"Api sangat dibutuhkan, misalnya untuk memasak. Namun jika tidak dikendalikan, api akan membesar, akhirnya  membahayakan manusia," jelas Lukman.

Dia berharap apa yang disampaikan dalam kegiatan itu dapat menjadi pelajaran para siswa akan pentingnya menjaga dua unsur air dan api yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia itu.

Sementara Kepala TK Negeri Tanah Grogot, Sulastri mengatakan kunjungan yang dilakukan siswanya merupakan puncak dari pembelajaran dengan tema air, udara dan api.

"Agar mengenalkan kepada anak-anak tentang fungsi air, udara, dan api dalam kehidupan. Kemudian mengajak anak secara langsung  melihat para petugas pemadam kebakaran dan peralatan yang mereka gunakan beserta fungsinya," tuturnya. 

Sulastri menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin TK Negeri Tanah Grogot, jadi anak anak tidak hanya mendapat materi pembelajaran di sekolah tapi juga bisa melihat secara langsung apa yang sudah mereka pelajari selama ini,sesuai dengan enam bidang perkembangan anak usia dini," tutup Sulastri.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022