Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukkan grafik penurunan, Sabtu sesuai laporan Satgas setempat pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan kini tersisa 111 orang.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menyampaikan, pasien positif terbanyak berada di Kutai Barat dengan jumlah 39 orang, sedangkan pasien paling sedikit di Samarinda yang hanya tinggal satu orang.

“Samarinda sangat berpeluang menuju zero kasus karena tinggal menyisakan satu pasien positif, disusul Mahakam Ulu dengan dua pasien positif,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Menurut Andi, delapan wilayah di Kaltim di antaranya Samarinda, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, Berau dan Bontang masih dalam status zona kuning COVID-19, dengan jumlah pasien positif yang dirawat kurang dari 25 orang.

Sedangkan dua wilayah yakni Kutai Barat dan Balikpapan masih dalam status zona orange dengan jumlah pasien positif yang dirawat kurang dari 50 orang.

Berdasarkan update kasus harian, Sabtu 16 April 2022 menyebutkan telah terjadi penambahan kasus sembuh sebanyak 22 orang, kasus positif bertambah 7 orang dan meninggal dunia satu orang.

Secara akumulasi, dikatakan Andi jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 206.131 kasus, dinyatakan sembuh 200.315 kasus dan meninggal dunia 5.705 kasus.

Andi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, mengingat potensi penularan kasus baru masih terbuka lebar.

“Kami juga ingatkan kepada masyarakat untuk tertib mengikuti program vaksinasi mulai tahap pertama hingga tahap ketiga, mengingat vaksin sangat penting dalam upaya menurunkan kasus pandemi, pesan Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022