Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi mengimbau seluruh warga untuk membayar zakat di awal Ramadhan guna menghindari kerumunan yang biasa terjadi  dilakukan pada minggu akhir Ramadhan.
 

"Segera, kalau bisa di minggu pertama dan minggu kedua. Jangan di minggu ketiga apalagi minggu terakhir karena biasanya minggu terakhir itu ramai dan bersamaan orang baru bayar zakat," imbau Rusmadi di Samarinda, Senin.

Menurutnya, berdasarkan kebiasaan warga, seperti  tahun-tahun sebelumnya warga biasanya gemar menunda membayar zakat di awal Ramadhan, kebanyakan  membayar di akhir-akhir  Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Pembayaran zakat di akhir Ramadhan dikhawatirkan menimbulkan kerumunan yang bisa memicu kembali lonjakan COVID-19,” kata Rusmadi.

Dia menegaskan bahwa Pemerintah Kota Samarinda memastikan pembayaran zakat di Samarinda tidak menimbulkan kerumunan.

"Untuk unit-unit layanan zakat Baznas di Samarinda sudah cukup banyak,  sehingga  tidak khawatir terjadinya kerumunan," ucapnya.

Rusmadi  menambahkan, apabila masyarakat membayar di minggu terakhir, maka dikhawatirkan para petugas pendistribusian zakat justru tidak tepat sasaran  dalam menyalurkan akibat waktu yang mepet.

"Jadi lakukan pembayaran zakat di awal Ramadhan dan melalui Baznas Kota Samarinda atau unit-unit pengumpulan zakat yang sudah ditetapkan pemerintah," imbaunya.(Adv)
 

Pewarta: R'sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022