Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menegaskan Pemerintah Provinsi  berkomitmen untuk menerapkan pengelolaan keuangan daerah secara transparan dan akuntabel.
 

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh jajaran Pemprov Kaltim dan pemerintah kabupaten/kota agar siap terbuka dan berkoordinasi secara baik dengan pihak pemeriksa (auditor)," tegas Isran di Samarinda, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Isran Noor pada acara Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Pemprov Kaltim (Anaudited) Tahun Anggaran 2021 Kepada BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur di BPK Perwakilan Kaltim Jalan M Yamin Samarinda.

Isran berharap, hasil pemeriksaan laporan nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat bahwa apa yang dilaksanakan Pemprov Kaltim sudah sesuai dengan kaidah ketentuan yang berlaku.

"Semoga hasilnya lebih baik. Ada kah yang lebih baik lagi dari WTP," ujar Isran.

Ia juga  meminta agar seluruh jajaran Pemprov Kaltim secara intensif berkoordinasi dengan para auditor BPK.

"Laporan keuangan Pemerintah Provinsi  Kaltim sudah kami serahkan, semoga bisa segera diperiksa," tuturnya.

Isran juga menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar yang telah bersedia menerima laporan keuangan Pemprov Kaltim tahun 2021 dalam rangka menjalankan amanah UU 23 Tahun 2014 tentang  Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Sementara Kepala BPK Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar mengapresiasi Pemprov Kaltim yang telah menyerahkan laporan pengelolaan keuangan tahun 2021.

"Sesuai ketentuan, maka dua bulan setelah disampaikan, hasil dari pemeriksaan laporan ini harus kami laporkan. Tentu kami sangat mengapresiasi Pemprov Kaltim yang telah menyampaikan laporan dan termasuk cepat,"  katanya.

 Dadek menambahkan  saat ini ada empat pemerintah daerah yang sudah menyampaikan laporan keuangan, yakni Pemkab Kutai Kartanegara, Pemkot Bontang, Pemkab Kutai Barat dan Pemprov Kaltim.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022