Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi merayakan diraihnya Piala Adipura Kencana bersama Pasukan Kuning dan Pasukan Hijau Kota Beriman sambil mengendarai sepeda roda tiga berupa gerobak pengangkut sampah yang diberi kemudi dan roda depan yang sehari-hari menjadi kendaraan dinas para penyapu jalan.

Wali Kota menaikinya sepanjang 1.000 meter dari depan Ruko Bandar Balikpapan hingga Balaikota.

Pasukan Kuning adalah para petugas kebersihan pengangkut sampah dan penyapu jalan.

Pasukan Hijau yaitu para tukang kebun yang menanam dan memelihara tanaman perindang dan perindah kota.

Sebagian Pasukan Kuning dan Pasukan Hijau berdiri berjajar di sepanjang jalan hingga 10 km bersama warga dari Bandara Sepinggan hingga Balaikota.

Wali Kota juga dikawal ratusan pengendara sepeda onthel dari Obama (Onthel Balikpapan Mania), 300-an pengendara motor dari klub-klub motor Kota Minyak.

Piala Adipura Kencana kemudian diserahkan Wali Kota Rizal kepada Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong.

"Penghargaan dari pemerintah untuk prestasi masyarakat Balikpapan menjaga kebersihan, ketertiban, dan keindahan," kata Wali Kota.

Sehari sebelumnya, Senin (10/6) Wali Kota Rizal menerima Piala Adipura Kencana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.

Saat penyerahan Adipura Kencana di Balaikota, diserahkan pula simbolis bonus Rp1,2 juta bagi setiap anggota Pasukan Kuning dan Pasukan Hijau.

Turut diserahkan penghargaan bagi siswa peraih nilai Ujian Nasional tertinggi se Balikpapan, untuk murid SD, SMP, dan siswa SMA dan SMK.

"Juga ada penghargaan untuk Lurah terbaik," tambah Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana.

Bonus dan penghargaan itu berasal dari dana bantuan sosial dan sudah dianggarkan untuk itu.

Tahun ini Kota Balikpapan juga meraih Piala Kalpataru, Piala Wahana Tata Nugraha (WTN), Piala Adiwiyata Mandiri, Piala Tim Pengendali Inflasi Daerah, dan Hatinya PKK.

Piala Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi pemerintah bagi kota bersih dan rapi. Piala Kalpataru untuk penyelamatan lingkungan hidup, Piala WTN untuk penataan lalu lintas terbaik.

Piala Adiwiyata Mandiri diberikan bagi sekolah yang bersih dan asri, dan sesuai namanya, Piala Tim Pengendali Inflasi Daerah diberikan kepada daerah yang sukses mengendalikan inflasi di wilayahnya. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013