Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memberi subsidi kepada pengendara roda empat yang ingin menggunakan kapal feri untuk penyeberangan dari Dermaga PT REA Kaltim Plantation – PT Tunas Prima Sejahtera.
 

Hal itu dilakukan, untuk mendukung kelancaran pembangunan Jalan poros Dusun Pendamaran di Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan.

“Selama proses pengerjaan jalan tersebut ditutup  sejak 22 Februari hingga 7 Maret 2022,” kata Asisten II Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wiyono, di Tenggarong, Rabu.

Ia mengatakan, kendaraan yang mendapatkan subsidi ialah kendaraan roda empat yang kapasitas di bawah 8 ton.

Pengendara bisa mendapatkan fasilitas penyeberangan  menggunakan kapal Feri Penyeberangan Lintas Dermaga PT REA Kaltim Plantation – PT Tunas Prima Sejahtera  pada pukul 06.00-18.00 Wita.

Skema yang dilakukan Pemkab Kukar ialah memberikan subsidi penuh kepada kendaraan roda empat  yang menggunakan kapal Feri untuk menyeberang.

Menurutnya subsidi yang ditanggung sepenuhnya, yakni untuk mini bus dan pikup yang harusnya membayar Rp 170 ribu menjadi gratis, begitu juga pikup bermuatan yang biasanya membayar Rp 220 ribu.

Wiyono menuturkan, meski Jalan Poros Dusun Pendamaran ditutup sementara,  tetapi untuk kendaraan roda dua masih diizinkan melintas di jalan tersebut.

“Biaya pengguna feri yang ditanggung itu diestimasi dua pekan, tapi  melihat kondisi di lapangan. Misalnya perbaikan selesai lebih cepat, berarti (bebas ongkos feri) dihentikan lebih cepat,” katanya.

Witono menambahkan,  tetapi kalau kemudian posisinya belum selesai pengerjaaan, maka diperpanjang penyeberangan feri  gratis, tergantung hasil pengerjaan Jalan poros Dusun Pendamaran di Desa Tuana Tuha, di Kecamatan Kenohan.

Pewarta: Sapri

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022