Sangatta (ANTARA Kaltim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur akan memperoleh bantuan logistik sebanyak 5 ton yang dijadwalkan tiba pada Juni 2013.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur Wahyu Widhi Heranata, melalui Kabid Logistik Kedaruratan dan Peralatan BPBD Kaltim Ir Dassa MSi di Sangatta, Kutai Timur, Kaltim, Jumat, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari BNPB tentang adanya bantuan logistik untuk Kaltim.

"Kami berharap agar bantuan logistik sebanyak 5 ton dari BNPB untuk Kaltim sudah tiba Kaltim, sebab saat ini stok logistik sudah kosong," kata Dassa saat berkunjung ke BPBD Kutai Timur.

Ia mengatakan, bantuan logsistik BNPB berupa makanan, pakaian, serta perlengkapan penanggulangan bencana, jika sudah datang maka masing-masing BPBD boleh mengusulkan untuk mengambil sebagai persiapan mengantisipasi terjadinya bencana dan musibah.

Menurut dia, bantuan logistik sebanyak 5 ton itu bukan semuanya dalam bentuk makanan, melainkan terdiri atas beberapa jenis, seperti makanan, pakaian dan perlengkapan bencana.

"Bantuan Logistik 5 ton itu bermacama-macam, ada sandang, pangan, makanan siap saji, daging kaleng, paket kematian seperti kain kafan dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, logistik tersebut tidak disalurkan langsung ke BPBD masing-masing wilayah, namun melihat tingkat bencananya, namun dipersilakan mengajukan usulan.

Kedatangan tim BPBD Kaltim ke Kutai Timur dalam rangka melakukan inventarisir kebutuhan logistik BPBD Kutai Timur. Mereka diterima Kabid Kedaruratan Logistik dan Peralatan BPBD Kutai Timur, H Syafranuddin dan sejumlah staf di Pusdalops Jalan Soekarno Hatta.

"Kami mengimbau agar warga Kaltim khsusunya yang berada di sekitar sungai agar berhati-hati dan lebih waspada, karena musim husin dan potensi terjadinya musibah masih tinggi," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013