Nunukan (ANTARA Kaltim) - Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma sekaligus Komandan Komando Lapangan Operasi perbatasan Brigjen TNI Gadang Pambudi memuji keberhasilan prajurit Yonif 407/Padmakusuma dalam menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Timur.

Ketika memimpin upacara serah terima prajurit pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia batalion infantri (Yonif) 407/Padmakusuma kepada batalion 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa, Senin (20/5), dia mengatakan, selama kurang lebih tujuh bulan bertugas menjaga pos-pos di wilayah perbatasan, Yonif 407/PK mampu menjabarkan tugas pokok TNI dalam menjaga marbatat, kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Pada acara pelepasan yang berlangsung di Markas Komando Taktis Satgas Pamtas Jalan Fatahillah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Gadang Pambudi mengatakan, penugasan negara yang telah diberikan kepadanya dapat dijalankan dengan baik dan penuh kesungguhan sebagai bukti nyata melaksanakan bakti kepada rakyat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 091/ASN mengaku sangat bangga atas keberhasilan prajurit YOnif 407/PK selama bertugas di wilayah perbatasan RI-Malaysia dengan sejumlah prestasi yakni mampu meminimalisir pelanggaran-pelanggaran perbatasan yang selama ini masih sering terjadi.

"Kepada prajurit Yonif 407/PK saya atas nama Komandan Kolapops mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa-jasanya mengamankan wilayah perbatasan RI-Malaysia selama kurang lebih bertugas dalam keadaan sehat, aman," ucapnya.

Berdasarkan laporan periodik yang diterima komando dan hasil evaluasi pelaksanaan tugas Satgas Pamtas Yonif 407/PK, kata dia, telah berupaya optimal dan dapat menjaga martabat dan kedaulatan negara dengan keberhasilan menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Keberadaan prajurit Yonif 407/PK di wilayah perbatasan, telah memberikan efek penangkal terhadap oknum-oknum yang sering melakukan pelanggaran baik dari Indonesia maupun dari Malaysia sehingga keamanan perbatasan semakin kondusif.

Keberhasilan prajurit Yonif 407/PK tersebut secara umum, dia menilai selama penugasan benar-benar menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan motivasi yang tinggi serta dilandasi semangat, kesungguhan dan kedisiplinan sebagai ciri kehidupan prajurit TNI dimanapun berada dan bertugas, ujarnya.

Ia juga menyatakan penghargaannya kepada prajurit Yonif 407/PK yang telah mengakhiri masa tugasnya menjaga keamanan dui wilayah perbatasan dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan material yang dipertanggungjawabkan oleh negara sehingga tetap bisa dioperasionalkan dengan baik.

Atas prestasi yang telah dicapai selama menjalankan tugas pengamanan perbatasan tersebut, Komandan Yonif 407/PK, Letkol Inf Ari Aryanto mendapatkan penghargaan dari Danrem 091/ASN. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013