Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) untuk memamerkan budaya etam (kita).
 

"Kewajiban kita semua memamerkan budaya etam seperti membatik, makanan khas serta tarian daerah ternyata itu sudah dilakukan SD 007 Sungai Pinang," kata Rusmadi saat membuka Festival Budaya 'Berkerangah Budaya Etam' (memamerkan budaya kita) di Samarinda, Kamis.

Diketahui, SD 007 Sungai Pinang merupakan sekolah pusat penggerak dan perintis budaya.

Rusmadi pun bercerita bahwa sebelum berangkat ke festival tersebut ia bertanya kepada istrinya yang merupakan orang Kutai apa arti dari berkerangah sebagai tema festival tersebut.

"Temanya khas bahasa daerah, berkerangah bahasa Kutai yang jarang digunakan. Bertanya  saya dengan bini berkerangah itu artinya memamerkan," ungkapnya.

Namun ia menegaskan, Berkerangah Budaya Etam yang dimaksud berkonotasi positif.

"Saya dan Pak Andi (Wali Kota Samarinda) akan merasa bangga kalau semua sekolah melakukan kegiatan dengan mengedepankan kebudayaan," ucapnya.

Menurutnya, bangsa ini tidak akan maju jika tidak dengan peradaban dan kebudayaan.

"Kalau bicara budaya, bicara soal hati. Ada keinginan keras kita ingin maju. Kalau nilai tidak berasal dari hati dan kecintaan sulit kita maju dan berkembang," jelasnya.

Rusmadi mengapresiasi dan berharap kegiatan 'Berkerangah Budaya Etam'  bukan menjadi awal dan akhir, melainkan terus dilanjutkan secara produktif untuk tahun-tahun berikutnya.(Adv)

 

Pewarta: R'sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022