Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mengingatkan semua pihak mewaspadai potensi banjir di Provinsi Kalimantan Timur, karena daerah itu mengalami diprakirakan hujan lebat dan hujan petir pada Kamis-Jumat.


"Hujan lebat dan hujan petir bisa berdampak pada kejadian yang tidak diinginkan seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan lainnya sehingga semua pihak harus waspada," ujar Kepala Stamet Kelas I SAMS Sepinggan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Rabu.

Peringatan dini terhadap potensi hujan petir dan hujan lebat tersebut pun telah disampaikan ke pihak terkait di masing-masing kabupaten/kota, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meminimalisir risiko bencana.

Daerah yang mengalami hujan petir hingga hujan lebat itu antara lain di Kabupaten Paser, yakni pada Kamis pukul 11.00 wita diprakirakan hujan petir di Kecamatan Long Ikis dan Tanjung Harapan.

Kemudian pukul 17.00 hujan petir di Kecamatan Tanjung Harapan, pukul 20.00 hujan lebat di Tanjung Harapan, pukul 23.00 hujan petir di Batu Sopang dan Tanjung Harapan, kemudian pada Jumat dini hari atau pukul 02.00 hujan petir di Kecamatan Muara Samu.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Kamis pukul 11.00 hujan petir di Kecamatan Penajam dan Sepaku, pukul 14.00 hujan lebat di Penajam, pukul 20.00 hujan petir di Sepaku, dan pukul 23.00 hujan petir di Penajam.

Di Kota Samarinda, pada Kamis pukul 20.00 hujan petir diprakirakan terjadi di 10 kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Sungai Pinang, Palaran, Samarinda Ulu, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir berpotensi terjadi pada Kamis pukul 08.00 di Kecamatan Long Hubung, pukul 11.00 di Long Bagun, pukul 14.00 di Lon Apari, Laham, Long Pahangai, dan hujan lebat di Kecamatan Long Hubung.

Pukul 17.00 hujan petir di Kecamatan Long Apari, Long Hubung, Long Pahangai, pukul 20.00 di Long Apari, Long Bagun, Laham, Long Hubung, Long Pahangai, pukul 23.00 di semua kecamatan di Mahakam Ulu.

"Kabupaten Kutai Timur hujan lebat berpotensi terjadi pada Kamis pukul 14.00 di Kecamatan Batu ampar, Kaliorang, Sandaran, Kaubun, Long Mesengat, Muara Bengkal, Telen, dan hujan petir di Kecamatan Bengalon," kata Erika.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022