Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur mengajak semua pihak mendorong kebangkitan koperasi, karena keberadaannya akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, membantu meningkatkan ekonomi, dan lainnya.


"Koperasi juga bertujuan membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, koperasi juga berperan dalam membangun tatanan perekonomian nasional," ujar Plt Sekretaris Kabupaten PPU Muliadi di Penajam, Kamis.

Koperasi dalam kedudukannya sebagai sokoguru perekonomian nasional, katanya, sudah selayaknya memiliki ruang gerak dan kesempatan usaha lebih luas, terutama yang menyangkut kepentingan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, koperasi sangat memerlukan dukungan dari semua pihak baik lembaga pemerintah maupun pihak swasta, sehingga diharapkan mampu menggerakkan seluruh potensi dan segala tantangan, khususnya menghadapi era digital 4.0 atau era industri 4.0.

Ia mengatakan ini saat pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten PPU di lantai satu Kantor Bupati PPU. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakidi, selaku Ketua Komisi III DPRD Kabupaten PPU.

Hadir pula Wakil Ketua Dekopinda Provinsi Kaltim Fazrul Azis, Kepala Dinas UMKM dan Perindagkop Kabupaten PPU Kuncoro, Ketua Dekopinda Kabupaten PPU Purwantara, serta undangan lainnya.

Muliadi melanjutkan, dalam UUD 1945 pasal 33 ayat (1) menyatakan, perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan.

Memperhatikan hal ini, maka usaha bersama yang sesuai dengan pasal itu adalah koperasi, sehingga peran koperasi dinilai penting dalam mengembangkan potensi ekonomi rakyat.

Peran koperasi juga penting dalam upaya mewujudkan kehidupan demokrasi perekonomian yang mempunyai ciri-ciri demokratis, kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan.

Wakil Ketua Dekopinda Provinsi Kaltim Fazrul Azis menambahkan, melalui Musda diharapkan menjadi salah satu sarana strategis bagi kalangan Dekopinda, terutama untuk mengalkulasi seluruh kegiatan dan kinerja selama ini.

"Melalui Musda, mari kita telurkan gagasan cemerlang. Banyak peluang usaha yang bisa dilaksanakan oleh UMKM maupun Koperasi, maka koperasi jangan sampai tertinggal. Mari jalankan amanah yang diinstruksikan oleh Kementerian Koperasi," kata Azis.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022