Nunukan (ANTARA Kaltim) - Sebatik Utara di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, merupakan kecamatan terpadat penduduk dari 15 kecamatan di wilayah itu.

Bupati Nunukan Drs Basri, Rabu menjelaskan, kepadatan penduduk Kecamatan Sebatik Utara sebanyak 336,97 jiwa per kilometer persegi diikuti Kecamatan Sebatik Timur dengan 293,57 jiwa per kilometer persegi.

Sementara kepadatan penduduk di kecamatan lainnya berkisar antara 128-141,19 jiwa per kilometer persegi.

Kecamatan Sebatik Utara yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia ini, memang penduduknya bertumpu pada sepanjang garis pantai yang berhadapan dengan Malaysia, katanya.

Ia menambahkan, jumlah penduduk Kabupaten Nunukan saat ini mencapai 154.269 jiwa dengan kepadatan rata-rata 10,83 jiwa per kilometer persegi.

Dari keseluruhan jumlah penduduk tersebut, 82.321 jiwa laki-laki dan 71.948 jiwa perempuan. "Jadi penduduk jenis kelamin laki-laki masih lebih banyak dibandingkan dengan perempuannya," ujar dia.

Basri menyatakan, keberhasilan kinerja pemerintah daerah diketahui indeks pembangunan manusia (IPM) karena hal ini yang menjadi toukur untuk mengetahui adanya peningkatan keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan yakni membaiknya kebutuhan dasar masyarakat.

Kebutuhan dasar masyarakat yang dimaksudkan adalah angka melek huruf, meningkatnya angka harapan masyarakat dan tingginya daya beli masyarakat.

Sesuai data terakhir IPM Kabupaten Nunukan tahun 2012, jelas Basri, yakni mencapai angka 74,38 meningkat dari tahun sebelumnya (2011) yang hanya berada pada angka 73,83.

Sementara itu, tingkat partisipasi angkatan kerja yang masuk pada bursa kerja mencapai 68,68 persen atau mengalami peningkatan pada pencapaian tahun sebelumnya yang hanya sebesar 65,06 persen. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013