Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (FPDIP), Hermanto Kewot, terpilih menjadi Ketua Komisi I DPRD Kaltim, didampingi Sekretaris Fraksi Partai Golkar (FPG), H Suwandi sebagai wakil ketua dan Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), Syaparudin menjadi sekretaris, pada pemilihan pimpinan komisi bidang hukum dan pemerintahan tersebut, yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kaltim, Yahya Anja, di ruang rapat Komisi I, Selasa (16/4).

Paket tersebut memperoleh lima suara, dari 10 suara anggota Komisi I yang hadir.

Sebelum proses pemilihan berlangsung, sempat terjadi silang pendapat mengenai mekanisme pemilihan, yakni memilih paket ketua, wakil ketua dan sekretaris secara serentak atau ketua, wakil ketua dan sekretaris secara terpisah.

Namun akhirnya disepakati, pemilihan dalam bentuk paket pimpinan yang terdiri atas ketua, wakil ketua dan sekretaris secara langsung. Pemilihan menggunakan sistem tertutup, satu anggota Komisi I menulis paket ketua, wakil ketua dan sekretaris yang diinginkannya.

"Sesuai amanah fraksi, saya minta waktu lima menit untuk melakukan lobi-lobi dengan anggota koalisi plus," kata anggota Komisi I yang juga Sekretaris FPG, Suwandi.

Pada pemilihan, Paket I yang terdiri atas Syaparudin (ketua), Hermanto Kewot (wakil ketua) dan Suwandi (sekretaris) memperoleh tiga suara, Paket II  Syaparudin (ketua), Suwandi (wakil ketua) dan Hermanto Kewot  (sekretaris) memperoleh satu suara, Paket III Hermanto Kewot (ketua),  Suwandi (wakil ketua) dan Syaparudin (sekretaris) memperoleh lima suara dan Paket IV Suwandi (ketua),  Hermanto Kewot  (wakil ketua) dan Syaparudin (sekretaris) mendapatkan satu suara, sehingga yang terpilih adalah paket III yakni Hermanto Kewot (ketua),  Suwandi (wakil ketua) dan Syaparudin (sekretaris).

"Pada dasarnya tidak ada yang memimpin dan tidak ada yang dipimpin, karena  kami bertiga bersama seluruh kawan-kawan di Komisi I,  sama-sama menjalankan tugas pokok dan fungsi Dewan di alat kelengkapan ini. Kita di Komisi I mengedepankan kebersamaan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, termasuk menuntaskan agenda-agenda yang belum selesai," kata Hermanto Kewot.

Dalam pemilihan tersebut hadir Wakil Ketua Komisi I yang lama, Pdt Yefta Berto, Sekretaris Komisi I yang masih bertahan, Syaparudin dan anggota Komisi I lainnya, yakni H Gunawarman, H Suwandi, H Saifuddin DJ, Hermanto Kewot, HM Arsyad Thalib, H Rakhmat Majid Gani,  Hj Chairiah Budiman Arifin, Hj Syarifah Masitah Assegaf. (Humas DPRD Kaltim/adv/lia/mir)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013