Wali Kota Samarinda Andi Harun mengungkapkan Festival Mahakam yang diselenggarakan tiap tahun akan ditingkatkan menjadi Festival Nusantara pada tahun depan.
 

"Saya berharap semua suku dan adat budaya yang ada di Kota Samarinda menjadi konten acara di Festival Mahakam yang akan datang," ujar Andi Harun di Samarinda.

Ia mengatakan Festival Mahakam  merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Festival Mahakam menampilkan berbagai kegiatan, dari seni, budaya, olahraga, panggung hiburan hingga kuliner yang lokasi kegiatannya sepanjang tepian Sungai Mahakam.

"Jadi bapak ibu yang punya bakat seni dan budaya mulai sekarang latihan karena tahun depan diperlombakan," terangnya.

Ia mengemukakan Kota Samarinda penduduknya heterogen terdiri dari berbagai suku, tentunya juga memiliki seni budaya masing-masing, sehingga perlu dilestarikan, tunjukkan kepada dunia luar bahwa Samarinda  kaya akan budaya, terjalin kerukunan  dan toleransi.

"Banyaknya suku itulah yang akan tampil dan menjadi perekat budaya di kehidupan bermasyarakat di Indonesia," jelasnya.

Lanjut Andi Harun jika Festival Mahakam menjadi Festival Nusantara maka bisa dinikmati secara global, baik yang datang langsung ke Samarinda maupun yang melihat secara virtual.

"Kalau ingin belajar toleransi, ingin melihat model kerukunan terbaik datanglah ke Kota Samarinda. Itu pesan yang ingin kita sampaikan," ujar Andi Harun.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021