Pemerintahan Kota Bontang menjadi lokasi penutup rangkaian verifikasi lapangan penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kampung dan Kelurahan tahun 2021.
 

"Kota Bontang penutup rangkaian panjang verifikasi lapangan untuk menetapkan terbaik I dan III untuk kategori desa/kampung dan kategori kelurahan," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD) Kaltim M Syirajudin diwakili Sekretaris Eka Kurniati di Pendopo Wali Kota Bontang, Rabu (3/11).

Ia berharap seluruh tahapan penilaian panji berjalan lancar dan menghasilkan kabupaten/kota yang memang  terbaik berhasil dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/kampung dan kelurahan.

Lanjut Eka mengingat pemberian panji keberhasilan pembangunan merupakan apresiasi Pemerintah Provinsi Kaltim bagi kabupaten/kota yang punya komitmen kuat mewujudkan amanat UU No.6 tahun 2014 tentang Desa.

"Tentunya tidak hanya punya komitmen, tapi berhasil dalam membangun dan mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa," katanya. 

Pada kesempatan itu juga dia  mengungkapkan akan membahas lebih detail terkait indikator penilaian panji pada tahun depan. Semua bidang harus mampu menginterpretasikan capaian keberhasilan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Menurutnya memberi nilai lebih bagi kabupaten/kota juara lomba tingkat provinsi dan terlebih berhasil  menjadi juara nasional. "Kalau sudah juara nasional berarti sangat bagus," tegasnya.

Sementara kunjungan tim verifikasi DPMPD Kaltim diterima Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bontang M Bahri, Kabag Pemerintahan Surianto, dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah terkait lingkup Kota Bontang.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis berkas profil kelurahan Kota Bontang dari Asisten Pemerintahan dan Kesra M Bahri ke Sekretaris DPMPD Kaltim Eka Kurniati.

Sekadar diketahui verifikasi lapangan merupakan tahapan lanjutan penilaian dalam rangka pemberian Panji Keberhasilan Pembangunan bidang PMD tahun 2021.

Pemberian panji kepada kabupaten/kota terbaik diserahkan saat upacara HUT Pemprov Kaltim ke 65 pada 9 Januari 2022.

Sebelumnya Panji Keberhasilan Pembangunan pada tahun 2021 untuk  terbaik I di raih Kabupaten Berau, Terbaik II diraih Kabupaten Kutai Kartanegara dan terbaik III di raih Kabupaten Paser. Sedangkan untuk kategori kelurahan  terbaik I. diraih Kota Bontang,  Terbaik II diraih Kota Balikpapan dan terbaik III di raih Kabupaten Berau.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021