Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara (Sekkab PPU) Muliadi mengatakan peringkat Maulid Nabi Muhammad yang dilakukan oleh jajaran Pemkab PPU bersama pihak terkait, diyakini mampu membentuk pribadi tegar dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.


"Semoga dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mampu menjadikan motivasi bagi semua untuk membentuk mental, akhlaq dan kepribadian yang tegar disertai keimanan yang kokoh dalam menghadapi segala tantangan dalam membangun Kabupaten PPU ke arah yang lebih baik," ujarnya di Penajam, Kamis.

Untuk itu, lanjutnya dalam giat di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kilometer 9 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam tersebut, peringatan ini, hendaknya dijadikan momentum penting untuk mencari dan menemukan pelajaran berharga.

Setelah memperoleh pelajaran berharga dari pengalaman pribadi masing-masing, selanjutnya pengalaman tersebut dipetik manfaat dan makna yang terkandung di dalamnya agar lebih tenang menjalani kehidupan sehari-hari.

Mantan dosen Universitas Mulawarman Samarinda ini melanjutkan, peringatan Maulid Nabi merupakan bagian dari wujud kecintaan manusia sebagai umatnya atas kepribadian dan kerasulan Muhammad SAW.

Kepribadian Nabi Muhammad, lanjutnya, pada hakekatnya bertujuan untuk membentuk perangai, watak dan sifat-sifat manusia agar bisa menghargai kehidupan dan isi jagad raya ini dengan rahmat dan kasih sayang.

"Momentum ini sangat penting bagi semua, terutama bagi jajaran aparatur di Kabupaten PPU untuk senantiasa bertafakur dan bertadabur dengan mengambil ketauladanan Rasulullah SAW, guna memperoleh ketentraman dan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan beragama," katanya.

Ia juga berpesan untuk selalu menciptakan kerukunan dan rasa kekeluargaan sejati, yang dibangun berdasarkan nilai-nilai moral dan akhlaq yang mulia, sehingga menjadi umat yang tegar dan besar dengan memperbanyak perbuatan nyata bersama masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Muliadi juga mengajak seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat, senantiasa
berpartisipasi dan proaktif dalam menyukseskan seluruh rangkaian pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang dilakukan di Kabupaten PPU.

Sementara itu, dalam tausiah Ustad Juhdi Fanani, menceritakan tentang tauladan Nabi Muhammad SAW yang dijalankan manusia hingga saat ini. Termasuk pentingnya akhlaq yang harus dibangun oleh manusia, karena sebaik apapun amalan seseorang tanpa akhlak yang baik, maka sia-sia di hadapan Allah SWT.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021