Hari pertama pembelajaran secara langsung atau tatap muka terbatas di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diisi dengan kegiatan pengenalan, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat Alimuddin.

"Hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik sebaiknya diisi dengan kegiatan pengenalan," ujar Alimuddin di Penajam, Selasa.

"Dimulai dari perkenalan kembali murid dengan guru, teman sekelas serta lingkungan sekolah karena cukup lama ditinggalkan," tambahnya.

Kegiatan tersebut bertujuan agar peserta didik tidak canggung, sehingga tercipta suasana dan interaksi di sekolah yang lebih santai.

Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara meninjau langsung pelaksanaan belajar tatap muka hari pertama di SD Negeri 005 Desa Gunung Makmur, Kecamatan Babulu.

SD Negeri 005 Desa Gunung Makmur, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara gelar pembelajaran tatap muka terbatas perdana pada Senin, 30 Agustus 2021.

Seluruh murid menurut Alimuddin, juga dibebaskan bergaul dan bermain karena cukup lama tidak berinteraksi secara langsung.

Sesuai program merdeka belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tenaga pendidik agar tidak membatasi peserta didik bermain dan penggunaan seragam.

Sudah cukup lama peserta didik tidak berinteraksi langsung akibat belajar secara virtual (pembelajaran jarak jauh) selama mewabahnya virus corona.

"Secara formal murid masih canggung bertemu dengan guru dan teman-temanya. Seragam harus rapi tidak penting agar murid nyaman belajar di kelas," jelasnya.

"Konsep pendidikannya merdeka belajar, peserta didik jangan dikasih beban atau yang menimbulkan efek psikologis," kata Alimuddin.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021