Penajam (ANTARA Kaltim) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyatakan masih sangat terbuka untuk mendukung pasangan Andi Harahap-Sutiman pada 2013.

"Dukungan kepada pasangan ini masih sangat terbuka. Ada kemungkinan PDIP juga mendukung Andi Harahap-Sutiman. Kemungkinan itu terbuka lebar untuk Bupati Andi Harahap," kata Sekretaris PDIP Kabupaten PPU, Hartono, Rabu.

Diakuinya, sampai saat ini baru dua calon yang menyerahkan berkas pendaftaran, masing-masing Ketua DPC PDIP Sudirman dan Harimuddin Rasyid sehingga DPC PDIP kembali memperpanjang masa pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati (cabup dan cawabup) sampai Desember 2012.

"Sepertinya PDIP kurang diminati untuk pilkada. Sekarang masih dua yang memasukan berkas pendaftaran," ungkap Hartono.

Menjelang pendaftaran cabup dan cawabup, tambahnya, PDIP akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) untuk memutuskan calon yang akan diusung.

Namun, katanya, tidak menutup kemungkinan juga kedua nama pendaftar, Sudirman dan Harimuddin Rasyid, tidak direkomendasikan dalam Konfercab.

Tapi, tegasnya, PDIP tetap terlibat dalam pilkada mendatang. Tiga alternatif yang akan ditawarkan, di antaranya mendukung pasangan yang lain, melakukan koalisi untuk mengusung calon maupun netral dalam pilkada.

"Dalam keputusan politik pasti ada solusinya. Bisa juga nanti DPP memaksa agar kader bisa maju dalam pilkada," ujar Hartono.

Sementara itu, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten PPU mulai memberikan isyarat untuk mendukung pasangan Andi Harahap-Sutiman, pada Pilkada 2013, meskipun belum memberikan keputusan secara resmi.

Bendahara DPD PKS PPU, Wakidi mengatakan, PKS sudah beberapa kali melakukan komunikasi politik dengan Andi Harahap. Dan menilai pasangan Andi Harahap-Sutiman memiliki komitmen untuk membangun PPU.

"Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan untuk membicarakan rencana 2013, sepertinya Andi Harahap punya komitmen untuk membangun PPU," jelasnya.

Selain itu, kata Wakidi, pasangan Andi-Sutiman juga dinilai ideal karena perpaduan antara politisi dengan birokrasi. Dan dalam pertemuan lebih banyak membicarakan mengenai pembangunan PPU ke depan, sehingga visi dan misi membangun daerah sangat jelas.

"Kami juga melihat Sutiman merupakan figur yang bisa menganyomi. Dia kaya pengalaman sebagai birokrasi," ujarnya.

Meski sudah memberikan isyarat untuk mendukung Andi Harahap-Sutiman, Wakidi menegaskan, tetap akan dibicarakan dalam internal PKS untuk memutuskan dukungan partai ini dalam Pilkada 2013.

"Karena selain melakukan komunikasi politik dengan Andi Harahap, PKS juga pernah melakukan komunikasi dengan calon lain seperti Yusran Aspar dan Sandra Puspa Dewi," ungkapnya.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012