Sejumlah komunitas sosial di Kabupaten Paser melakukan kegiatan untuk membantu warga di desa Lusan, Kacamatan Muara Komam, yang merupakan desa  terpencil  dan selama ini   tidak terjangkau oleh tenaga medis. 

"Kegiatan sosial  yang digelar  untuk masyarakat Desa Lusan  yang merupakan daerah terpencil , pedalaman  dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak," kata Ketua Tim kegiatan, dr. Ahmad Hadiwijaya  di Tanah  Grogot, Senin (22/3). 

Ia mengatakan kegiatan sosial  tersebut  berupa pemeriksaan kesehatan gratis, khitanan massal, pembagian sembako dan kegiatan sosial lainnya. Seperti berbagai lomba untuk anak-anak yang bersifat mengedukasi . 

Ahmad Hadiwijaya  menjelaskan kegiatan sosial tersebut berlangsung pada  Sabtu (19/03), melibatkan beberapa komunitas di antaranya Off Road to Jannah, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Aliansi Paser Untuk Umat (ALPUKAT),VES Community Paser, Persatuan Perawat Nasional Indonesia dan Yayasan Hidayatul Sholihin Batu Sopang.

Menurutnya sejumlah komunitas sosial tersebut memberikan pelayanan kesehatan  kepada masyarakat setempat yang dilakukan oleh para dokter dan  perawat. Kemudian  ada yang memberikan ceramah agama  dari Yayasan Hidayatul Sholihin Batu Sopang. Selain itu masyarakat juga diberikan edukasi mekanik, hingga joki off road.

“ Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar,” kata Hadiwijaya.

Sementara itu Kepala Desa Lusan Muhammad Irham mengaku  senang dan masyarakat menyambut antusias  kegiatan yang dilakukan komunitas sosial Kabupaten Paser .

“Karena sudah lama tidak masuk sekolah akibat pandemi  COVID-19, sehingga anak-anak sangat antusias. Begitu juga saat pemeriksaan kesehatan gratis dan tausiah,” katanya.

Irham berterima kasih atas kegiatan yang sudah dilaksanakan di desanya.  Dia juga berharap  kegiatan sosial seperti  itu dapat  dilanjutkan kembali pada kesempatan yang lain.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021