Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melalui Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) tahun 2021.
 

Kegiatan bertajuk “Bimtek Kaderisasi Masyarakat Tentang Pendampingan Desa/Kelurahan” tersebut menyasar LKD yang berada di wilayah utara Kaltim, yakni desa-desa di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, di Gedung Serbaguna Kecamatan Batu Putih, Kamis (4/3).

"kegiatan peningkatan kapasitas LKD sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa,"kata Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin .

Selain itu katanya termasuk agar LKD dapat lebih memahami dan mengaplikasikan tata cara penggunaan Dana Desa untuk mengembangkan potensi masyarakat  

Dia menjelaskan LKD adalah wadah partisipasi masyarakat. Sebagai mitra Pemerintah Desa LKD ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa. Oleh karena itu peningkatan kapasitas LKD dianggap penting dalam rangka mewujudkan pembangunan desa berkualitas.

Seperti diketahui katanya  Rencana Strategis (Renstra) DPMPD Kaltim 2019-2023 menetapkan meningkatkan status Indeks Desa Membangun (IDM) 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal menjadi berkembang.

Menurut Syirajuddin peningkatan status IDM dapat diwujudkan jika desa mampu mencapai ambang batas skoring indek komposit di dalamnya, yakni indeks ketahanan ekonomi, indeks ketahanan sosial, dan indeks ketahanan lingkungan.

Oleh karena itu desa harus mampu memetakan indeks yang dianggap lemah untuk dijadikan prioritas perencanaan pembangunan desa. “Disinilah peran serta LKD ikut memberi masukan kebutuhan desa yang dijadikan prioritas pembangunan desa,”katanya.

Diakui bahwa kegiatan peningkatan kapasitas   dilaksanakan dibeberapa lokasi pada tahun 2021 dan di Kabupaten Berau menjadi lokasi perdana pelaksanaannya.

Sementara acara bimtek dihadiri kader-kader masyarakat seperti kader PKK, karang taruna, kader pemberdayaan masyarakat, RT, dan tokoh masyarakat. Nampak hadir pada acara pembukaan kegiatan tersebut Kepala DPMK Berau Ilyas Natsir dan Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat yang sekaligus menjadi narasumber.

 Acara Bimtek tersebut juga didukung oleh Bankaltimtara Berau yang akan menyajikan materi tentang potensi desa dan produk untuk pengembangan masyarakat.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021