Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Berau mendapatkan penghargaan Information Communication Technology (ICT) Pura dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau Jonie Marhansyah mewakili Bupati Berau Makmur di Medan, Sumatera Utara, Kamis (18/10).

"Pengembangan teknologi yang secara bertahap dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau akhirnya berbuah hasil," kata Sekkab Berau Jonie Marhansyah, Sabtu.

Sekkab Johnie Marhansyah menerima penghargaan dari  Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika Basuki Yusuf Iskandar yang mewakili Menteri Tifatul Sembiring.

Dia mengatakan, Pemkab Berau sangat senang atas penghargaan yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Apalagi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi baru beberapa tahun terakhir coba dikembangkan Pemerintah Kabupaten Berau.

Jonie juga mengatakan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Berau. Apalagi melihat kondisi geografis antarkecamatan di daerah ini yang berjauhan.

"Karena itulah pengembangan teknologi akhir-akhir ini coba digalakkan Pemerintah Kabupaten Berau. Di antara yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau, seperti pemasangan jaringan fiber optic, tersedianya website serta teknologi lainnya untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi mengenai Berau," paparnya.

"Itulah salah satu kunci keberhasilan yang dikembangkan di pemerintah daerah," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, ke depannya Pemerintah Kabupaten Berau akan terus melakukan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi hingga menjangkau semua kecamatan.

Misalnya, kata dia, Kecamatan Maratua dan Pulau Derawan yang merupakan tempat wisata.

"Di tempat wisata tersebut harus dikembangkan teknologi. agar wisatawan mudah memperoleh informasi," ujarnya.

Jonie juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Berau telah membangun piranti lunak (soft ware) seperti sistem aplikasi di sekretariat serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara elektronik.

"Termasuk pemberdayaan sumberdaya manusia agar melek teknologi," tambahnya.

Diharapkan dengan sistem internet yang sudah terbangun akan terjadi efisiensi yang tinggi di bidang surat menyurat. "Artinya, tidak perlu lagi dilakukan surat menyurat antar dinas dan pekerjaan akan semakin mudah, cepat dan tidak mengenal jarak maupun waktu," katanya. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012