Juru bicara Satgas Percepatan Penangangan COVID-19 Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama di daerah setempat  dijadwalkan pada Februari 2021 dan diprioritaskan  bagi tenaga kesehatan. 


“Untuk Kabupaten Paser termasuk kabupaten lain di Kaltim, vaksinasi tahap pertama dijadwalkan pada Februari 2021,” kata Amir saat konferensi pers di ruang Media Center, Kamis (14/1). 

Menurut Amir, sebanyak 25 ribu dosis vaksin sudah datang di Kaltim. Namun vaksin tersebut untuk tahap awal bagi warga ibu kota provinsi, Kota Samarinda dan kabupaten terdekat dalam hal ini Kabupaten Kutai Kartanegara. 

“Ini meralat pemberitaan bahwa Paser juga vaksinasi hari ini seperti Samarinda dan Kutai Kartanegara " ujar Amir.

Dikemukakan Amir, pada tahap pertama akan datang sebanyak 3.520 dosis vaksin untuk Kabupaten Paser. Vaksinasi ini untuk tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan kantor pelayanan kesehatan lainnya serta kantor kesehatan Pelabuhan.

Tahap selanjutnya atau tahap satu termin dua yakni pada April 2021. Vaksinasi  tersebut untuk pejabat publik, aparatur pemerintah yang sering kontak masyarakat seperti Polri, TNI, Satpol PP, dan aparatur lainnya.

Sedangkan vaksin untuk masyarakat umum, kata Amir, dijadwalkan pada tahap kedua termin pertama, atau di bulan April atau Mei 2021. 

“Tahap dua termin satu baru dilakukan kepada masyarakat umum. Vaksin diprioritaskan untuk masyarakat di daerah rentan atau yang memiliki resiko tinggi penularan COVID-19,” katanya.

Amir menambahkan vaksinasi diberikan kepada warga yang berusia 18 sampai 59 tahun. Dari 270 ribu warga Paser, 160 ribu diantaranya akan divaksin COVID-19, kecuali pasien yang pernah positif COVID-19 dan tidak prioritas bagi mereka. 

“Juga terkecuali warga yang punya riwayat penyakit. Warga yang suhu tubuh lebih dari 37 derajat dan tekanan darah di atas 40 akan ditunda divaksin,” jelas Amir.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021