Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dalam memperingati HUT Provinsi Kaltim ke 64 dengan cara berbeda yakni melakukan penanaman 100 pohon yang sekaligus mendukung kegiatan hari Gerakan Satu Juta Pohon (HGSJP) pada 10 Januari 2021.

Gerakan menanam 100 pohon tersebut melibatkan Tenaga Non PNS dan Pemuda binaan Dispora Kaltim, di kawasan tepian Sungai Karang Mumus tepatnya di Muang Ilir Lempake.

"Pohon juga merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertumbuhan manusia. Kita ingin pemuda Kaltim memiliki jiwa yang peduli lingkungan," kata Kadispora Kaltim, Agus Tianur . 

Ia mengatakan kegiatan menanam pohon tidak hanya hari ini saja, akan  tetapi agenda rutin untuk pegawai Dispora dan Pemuda binaannya. Pemuda harus mengetahui salah satu penyebab bencana banjir dan longsor yang sering melanda Kota Samarinda khususnya karena tanaman berfungsi pengikat air atau pencegah erosi sudah banyak yang gundul akibat aktivitas pemanfaatan lahan.

Menurutnya tenaga non PNS di instansi Dispora Kaltim, sebagian besar masih berusia muda, sehingga dia ingin mengajak dan membuka pikiran dan mereka harus berkembang.

"Berani berwirausaha atau berkarya di luar pemerintahan mumpung usia mereka masih muda. Harus terbuka dan keluar dari zona nyaman mereka, jangan berfikir mau menjadi non PNS aja seumur hidup. Jangan sampai terlambat karena usia semakin tua, jangan kalah sama pemuda lain nantinya," katanya.

Sementara dalam kegiatan penanaman 100 pohon dengan jenis gaharu, nangka, kapur, meranti dan pulai, diikuti  Kadispora Kaltim, Agus Tianur dan para 
tenaga non pns. Selain itu komunitas pemuda yang mengikuti diantaranya petani milenial, BEM Fakultas Pertanian Unmul, Lembaga Dakwah Kampus Pertanian, Himpunan Mahasiswa Pertanian, Pramuka Peduli, Pemuda Peduli Sampah dan Earth Hour.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021