Samarinda- Berbagai upaya telah dilakukan  Perwakilan  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana  Nasional  (BKKBN) Provinsi Kaltim  untuk mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) di daerah .

“Salah satunya mensosialisasikan kepada para remaja dan generasi muda melalui lomba poster dengan tema 2 anak lebih baik, no narkoba dan no sels bebas dan no HIV/AIDS,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Jufri Yasin saat membuka lomba poster di Samarinda.

Ia mengatakan , lomba poster Genereasi  Berencana (GenRe)  bertujuan agar para remaja mengetahui  dan memiliki perencanaan dalam  kehidupan  berkeluarganya. Kapan dia siap berkeluarga dan kapan merencanakan memiliki anak.

Artinya jika mereka  telah mengetahui dan memiliki perencanaan, maka  tidak akan melakukan pernikahan dini atau menunda usia perkawinannya hingga benar-benar  siap . Siap  pendidikannya, ekonominya, mental  dan kesehatannya .

Jufri Yasin menjelaskan  sosialisasi selain melalui  lomba poster juga dilakukan melalaui  kelompok Bina Keluarga  Remaja (BKR) dan melalui Pusat Infomasi  Konseling  Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK KRR) yang dibentuk di sekolah-sekolah, universitas dan kelurahan.

Dikemukakannya dengan lajunya arus informasi dan teknologi, jika tidak diimbangi dengan pengetahuan , maka dampak-dampak negatifnya akan merusak generasi muda. Misalnya terlibat dalam penggunaan Narkoba, pergaulan bebas (seks bebas) dan terkena  HIV/AIDS.

Berdasarkan data  pada tahun 2011 di Indonesia menurut faktor resiko  ada dua penyebab utama penyebaran HIV/AIDS melalaui hubungan seks  dengan berganti-ganti pasangan (seks bebas) 71,0 persen  dan melalui jarum suntik  pengguna Narkoba 18,7 persen.

Sementara itu menurut ketua panitia Kabid Advikasi &KIE BKKBN Kaltim, Harlan Lelana , lomba poster Genre di ikuti kalangan pelajar dan mahasiswa  serta umum usia 17 tahun dan belum menikah.

“Lomba poster bertujuan mensosialisasikan  dan mepublikasikan program kependudukan dan KB  di kalangan remaja serta mendorong partisipasi generasi muda ikut mensukseskan program KKB,” katanya.

Harlan menambahkan bagi pemenang lomba nantinya karya nya di ikutkan  pada  lomba tingkat nasional di Jakarta, jika  keluar sebagai pemenang,  jura I, II dan  III , maka  pesertanya akan dipanggil ke Jakarta . (*)

 

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012