Balikpapan (ANTARA News Kaltim) - Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah calon haji (calhaj) akan diterbangkan dari embarkasi Bandara Sepinggan, Balikpapan, Jumat pagi pukul 07.30 Wita.

Kloter pertama ini beranggotakan 355 calhaj dari Samarinda, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, dan didampingi oleh 5 orang pendamping dari Kementerian Agama.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Farid Wajdy akan melepas resmi kloter pertama tersebut.

Sebelumnya, jamaah sudah tiba di Asrama Haji Batakan, Manggar, di Balikpapan pada Kamis (20/9) siang hingga sore.

"Mereka menginap semalam di Asrama, istirahat dan bersiap lagi untuk berangkat besoknya," kata Muhtar, Kepala Bidang Akomodasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Balikpapan.

Kloter asal Balikpapan akan masuk ke Embarkasi Haji pada Jumat (21/9) dan juga menginap satu malam. Mereka dijadwalkan berangkat ke Jeddah pada Sabtu (22/9).

Sebelumnya para calhaj dari Balikpapan akan berkumpul di Masjid Istiqamah, Lapangan Merdeka, Balikpapan, bakda Jumat. Setelah dilepas resmi Wali Kota Rizal Effendi, baru rombongan diantar bus-bus besar ke Asrama Haji, 25 km ke utara.

Menurut Muhtar, panitia menyiapkan 544 kamar di Asrama Haji tersebut. Setiap kamar dilengkapi dengan televisi, penyejuk ruangan, dan kamar mandi. Bila terpaksa, kamar-kamar itu juga bisa ditempati antara 4-6 orang.

Untuk mengurus keperluan jamaah, panitia juga menyiagakan 97 petugas yang bekerja bergantian selama 24 jam.

Selain itu, jelas Muhtar, panitia juga menyediakan ruang Media Center di Asrama Haji. Di ruangan ini jamaah calon haji, keluarga, atau jurnalis media, dapat mengetahui berbagai informasi tentang keberangkatan dan penyelenggaraan haji di Kalimantan Timur tahun ini.

"Bagi jamaah, termasuk juga wartawan, yang ingin mendapatkan informasi soal pelaksanaan haji bisa langsung ke media center, nanti ada petugas yang siap melayani. Walau pun ruangannya kecil kami berusaha maksimal," kata Muhtar.  (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012