Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Balikpapan meminta manajemen seluruh rumah sakit di Kota Minyak itu menambah ruang isolasi (ICU) untuk pasien-pasien COVID-19.

Juru bicara Satgas COVID-19 Balikpapan dr Andi Sri Juliarty di Balikpapan, Selasa mengatakan sebanyak 26 unit ruang intensive care unit (ICU) di rumah-rumah sakit di kota itu kini sudah penuh dengan pasien.

Menurut dia, ruangan rawat inap yang berjumlah 304 unit di berbagai rumah sakit di kota itu kini juga sudah terisi hingga 80 persen.

“Karena itu kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, bahwa pasien dari Balikpapan bisa dirujuk ke Samarinda atau kota-kota kabupaten terdekat yang fasilitasnya masih tersedia,” katanya.

Untuk kemungkinan terburuk menghadapi lonjakan kasus, menurut dr Juliarty, bisa saja tenda-tenda perawatan disiapkan. Meskipun demikian, ia menyebutkan Balikpapan masih memiliki tempat, seperti Asrama Haji di Manggar, yang masih bisa menampung ratusan pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan itu juga menjelaskan mengapa ruang ICU di Balikpapan penuh. Sebabnya, selain pasien dari Balikpapan sendiri, juga datang pasien rujukan dari Samarinda, Paser, dan Penajam Paser Utara, termasuk dari kecamatan-kecamatan Kutai Kartanegara, seperti dari Samboja dan Muara Jawa.

Jumlah pasien yang melonjak, diyakini Juliarty, berhubungan dengan protokol kesehatan yang mengendur dan banyaknya warga berpergian sebab masa libur sekarang.

"Kecenderungannya begitu di setiap hari-hari libur. Untuk itulah kami minta rumah sakit menambah ruang ICU," katanya.

Sementara itu, laporan Satgas COVID-19 Balikpapan menyebutkan pada 28 Desember 2020 ada tambahan 53 pasien positif dengan dua orang meninggal dunia dan 37 pasien dinyatakan sembuh.

Dari 53 pasien tersebut, 22 dengan riwayat suspect dan dirawat di rumah sakit, 13 orang tanpa gejala dan 18 dari tracing kontak erat.

Sebanyak 37 pasien sembuh berasal dari 20 pasien selesai perawatan di Rumah Sakit Pertamina dan 17 pasien selesai isolasi mandiri.

Jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif di Balikpapan kini sebanyak 5.654 orang, sebanyak 251 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, 387 pasien isolasi mandiri, 4.752 pasien sembuh dan 264 pasien meninggal.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020