Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Pelangi Production tertarik untuk menyelenggarakan Lomba  Budayakan Miskat, pakaian khas Kutai, yang setiap Kamis wajib digunakan oleh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) atau yang dikenal dengan "Kamiskat Day".

"Betul, ada EO (event organizer.red) swasta yang tertarik mengompetisikan 'Kamiskat Day' ini," ujar Bupati Kukar Rita Widyasari saat dihubungi, Jumat.

Bupati Rita menyambut baik hal tersebut karena sejalan dengan keinginannya agar Miskat itu disukai warga dan menjadi tren di Kukar, tidak hanya bagi PNS, tapi juga bagi karyawan BUMD, perusda, perbankan, swasta, dan masyarakat umum .

Lomba budayakan hari Kamis berbaju Miskat itu diselenggarakan oleh Pelangi Production, yang akan  digelar bertepatan dengan peringatan hari jadi Kota Tenggarong 28 September mendatang.

Adapun pesertanya diharapkan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), 18 Kecamatan di Kukar dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusda, serta Bank yang ada di Kukar.

"Saya ingin semua SKPD, instansi pemerintah hingga Bank yang ada di Kukar bisa membantu turut serta dalam lomba Kamiskat Day itu. Kita ingin mencermikan bahwa Kukar ini berbudaya dan berbudiluhur," imbau Bupati Rita.

Sementara, Ketua panitia pelaksana lomba tersebut  (Pelangi Production) Chintya Miga Agustine, menjelaskan bahwa akan dipilih pemenang dengan rancangan Miskat terbaik untuk memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Bupati Kukar.

"Desain tersebut dapat menjadi ciri khas dari instansi masing-masing, dengan harapan berdampak pada tumbuhnya keinginan dan kecintaan masyarakat umum ikut menggunakan Miskat," katanya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012