Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mendapatkan mobil polymerase chain reaction (PCR) untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di wilayah setempat.


Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutai Timur Moh Jauhar Efendi mengatakan sama seperti halnya mobil PCR yang diterima oleh kabupaten dan kota lainnya, mobil tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Kaltim.

"Alhamdulillah, permohonan kami dipenuhi Pemprov Kaltim, dengan demikian diharapkan tracing pasien terkonfirmasi COVID-19 bisa dilakukan dengan cepat dan terukur,” kata Jauhar Efendi, Ahad (22/11).

Jauhar Efendi menjelaskan mobil PCR sudah berada di Hotel Kutai Permai (HKP) Sangatta Utara pada Ahad, 22 November 2020.

Ia mengatakan mobil tersebut rencananya beroperasi pada Senin 23 November 2020, sehingga bisa melayani masyarakat Sangatta dan sekitarnya yang ingin melakukan tes usap.

Kemampuan mobil PCR bantuan Pemprov Kaltim ini bisa melayani ratusan tes usap per hari. "Semoga mobil PCR dari Pemprov Kaltim bisa mempercepat diagnosa kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kutim, sehingga dapat meningkatkan recovery rate dan menurunkan mortality rate. Selama ini sampel tes usap dikirim ke Samarinda," kata Jauhar yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kaltim.

Kutai Timur menjadi salah satu daerah di Kaltim yang tingkat penularan COVID-19 cukup tinggi. Hingga Minggu (22/11) jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 di Kutim mencapai 2.231 kasus, pasien sembuh 1.853 kasus, meninggal dunia 36 kasus dan masih dirawat 342 kasus.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020