Sebanyak dua pasien Coronavirus Disease 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada Kamis sehingga total warga setempat yang sembuh dari penyakit itu bertambah menjadi 132 orang.
 
"Dua pasien yang sembuh hari ini adalah berkode PPU 136 atas nama Kartik SM (28), tinggal di RT 06, Desa Girimukti, kemudian PPU 150 atas nama Hendi AJ (38), RT 14, Kelurahan Petung," ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Kamis.
 
Selain itu, kata Grace yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara itu, ada juga penambahan dua pasien positif COVID-19, yakni pasien dengan kode PPU 163 dengan inisial Nis, usia 16 tahun yang tinggal di RT 06, Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku.
 
Pasien kedua yang positif Kamis ini dengan kode PPU 164 dengan inisial Bu, 27 tahun dengan alamat RT 04, Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam.
 
Hingga saat ini, katanya, total warga setempat yang positif COVID-19 sebanyak 164 orang. Dari jumlah ini, mereka yang masih dirawat di rumah sakit delapan orang, menjalani isolasi mandiri 17 orang, meninggal dunia tujuh orang, dan sembuh 132 orang.
 
Jika dirinci per kecamatan, maka sebaran yang positif COVID-19 dan perkembangannya terkini Kecamatan Penajam masih ada 16 orang yang positif, 75 orang selesai isolasi atau sudah sembuh, dan empat orang yang meninggal.
 
Di Kecamatan Waru masih ada dua orang positif, 19 orang sembuh, di Kecamatan Babulu dua orang positif, 26 orang sembuh, dua orang meninggal, Kecamatan Sepaku lima orang positif, 12 sembuh, dan satu orang meninggal.
 
Jansje Grace yang juga Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Aji Putri Botung (RSUD RAPB) Penajam Paser Utara itu mengatakan hari ini juga terdapat penambahan tiga kasus suspek, sehingga total suspek sejak 22 Maret hingga 19 November mencapai 1.331 kasus/orang.
 
"Perkembangan terkini dari 1.331 kasus suspek ini adalah mereka yang melakukan isolasi mandiri ada 16 kasus, terdapat tiga orang yang masih dirawat di rumah sakit, dan suspek yang meninggal dengan komorbid terdapat delapan orang," ujar dia.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020