Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas) ke-56, Dinas Kesehatan Kabupaten Paser pada Kamis (12/11), membagikan sekitar 30.000 masker kepada masyarakat setempat sebagai upaya  mencegahan penyebaran COVID-19.


“Di Harkesnas tahun ini kami bagikan masker dan kegiatan serentak seluruh Indonesia yaitu tepuk tangan selama 56 detik,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser Amir Faisol.

Amir mengatakan pembagian masker dilakukan di sejumlah jalan yang sering dilalui masyarakat seperti simpang lima plaza, simpang tiga senaken, dan simpang masjid Syuhada.

Menurutnya untuk kegiatan tepuk tangan selama hampir satu menit itu, bertujuan untuk memberikan semangat kepada para tenaga medis yang menangani COVID-19 agar terus memberikan pelayanan yang optimal kepada para pasien.

“Di momen ini kami juga memanfaatkan untuk edukasi kepada masyarakat agar selalu mencegah penyebaran COVID-19,” ucap Amir. 

Amir mengatakan selain Dinas Kesehatan, ada 19 Puskesmas yang tersebar di 10 kecamatan juga melakukan kegiatan pembagian masker di wilayahnya masing-masing.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai COVID-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan  setiap beraktivitas.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020