Kafilah Kecamatan Sungai Pinang menjadi juara umum  pada Musahabah Tilawatil Quran (MTQ) ke 42 tingkat Kota Samarinda, mereka berhasil mengungguli sembilan kecamatan lainnya yang ikut lomba sejak 3 November 2020.
 

"Selamat kepada kafilah Kecamatan Sungai Pinang, semoga  dengan meraih juara umum menjadi dorongan  dan motivasi bagi seluruh peserta," kata Walikota Samarinda Syaharie Jaang saat penutupan MTQ ke 49 Tingkat Kota Samarinda yang sekaligus dirangkai penyerahan piala bergilir  juara umum dan pembukaan seleksi pengkaderan ulama, di Grand Ballroom Hotel Senyiur Samarinda, Rabu (11/11).

Ia mengatakan prestasi sebagai tolok ukur potensi peserta kontingen Samarinda kelak mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

Pada kesempatan itu juga dilakukan seleksi ulama, peserta yang mendaftar mencapai 117 orang. Angka yang tidak diperkirakan membludak tersebut tidak hanya diikuti oleh peserta yang berasal dari Samarinda, melainkan luar daerah  seperti Kukar , Balikpapan , hingga luar pulau  yakni ada yang berasal dari Provinsi Banten dan Jawa Tengah.

Dari jumlah pendaftar berhasil di seleksi sebanyak  49  orang yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama hingga disaring kembali menjadi 40 peserta yang akan diberangkatkan pada 2021 mendatang.

"Kami memohon maaf, dalam seleksi ini lebih diutamakan peserta dari Samarinda. Kegiatan ini telah direncanakan sejak April, karena pandemi COVID-19 maka sempat tertunda. Anggaran kegiatan akan disahkan pada akhir November," terang Jaang.

Menghadiri agenda MTQ dan pembukaan seleksi kader ulama terakhir sebelum purna tugas setelah 20 tahun menjabat di kursi Pemerintahan Kota Samarinda, Jaang berharap dapat menjadi penonton yang senantiasa memantau agenda di tahun setelahnya.

"Jalani seleksi dengan sebaik-baiknya semoga sukses,"pesan Jaang.

Kegiatan berlangsung  dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Turut  hadir pada pengumuman pemenang lomba MTQ tingkat Kota Samarinda dan seleksi ulama tersebut  diantaranya i Asisten I , Kepala Kementerian Agama Samarinda, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra), dan Para Camat  se Kota Samarinda.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020