Situs Program Beasiswa Kaltim Tuntas ( BKT) "kaltimtuntas.id" kembali beroperasi normal setelah sebelumnya mengalami gangguan karena banyaknya kunjungan.
 

"Laman web Beasiswa Kaltim Tuntas sudah bisa dikunjungi. Tetapi,saat ini yang perlu diedukasi adalah jika pengunjung di atas 20.000 secara bersamaan mengakses, maka 'server' (peladen) tidak mampu," kata Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas Iman Hidayat di Samarinda, Jumat (16/10).

Ia menjelaskan saat ini di laman situs itu tampil dengan menu pengumuman, menggunakan metode mesin pencari id pendaftaran, sedangkan penginian pengumuman bisa dilakukan pada laman admin sekolah, penginian pengumuman pada admin kabupaten/kota/kemenag.

"Hosting" yang digunakan saat ini, kata dia, berkekuatan penuh.

Iman mengatakan saat ini masih bisa terus diakses dan sudah dibuat dalam mode antrean "under attack mode".

"Jadi setiap pengunjung akan secara otomatis diperiksa web browser-nya dan ada jeda antrean otomatis, sehingga 'server' laman kita tidak terganggu lagi," katanya.

Selanjutnya mereka yang lolos sebanyak 20.282 penerima dari total pendaftar 172.228 orang terdiri atas mahasiswa dan siswa. Tidak lolos 151.946 orang.

Rinciannya, tuntas umum pendaftar 15.512 orang dan lolos 4.039. Tuntas kerja sama 962 pendaftar, lolos 175 orang, sedangkan stimulan 12.863 pendaftar dan lolos 4.480 orang. Stimulan siswa yang mendaftar 142.89, lolos 11.588.

"Bagi yang telah dinyatakan lolos calon penerima akan mendapatkan informasi melalui akun/dashboard masing-masing secara bertahap dengan pengelompokan tahapan, yang bisa dilihat dari laman resmi Beasiswa Kaltim Tuntas," jelasnya.

Iman menegaskan bagi yang belum mengisi nomor rekening agar segera mengisi nomor rekening bank pada dashboard masing-masing pada website: kaltimtuntas.id, selambat-lambatnya tujuh hari setelah tanggal pengumuman masing-masing tahapan.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020