Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Letkol Inf Dharmawan menyebutkan kemerdekaan negara Indonesia diraih bukan saja dari TNI (Tentara Nasional Indonesia) tetapi juga dari rakyat.

"Kehadiran TNI berawal dari rakyat," tegas Dandim Dharmawan ketika ditemui usai upacara HUT TNI ke-75 di Penajam, Senin.

Jaman perjuangan jelas Dharmawan, rakyat memiliki peran besar dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia, dan TNI juga lahir dari rakyat.

Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara mengikuti upacara HUT TNI ke-75 yang digelar di Istana Negara Jakarta secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara yang disiarkan langsung (live streaming) melalui media atau akun Youtube resmi Sekretariat Kepresidenan.

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para prajurit TNI yang selalu memenuhi panggilan tugas dan setia mengawal Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Prajurit TNI lanjut Presiden, dengan penuh kesadaran bertugas di daerah pedalaman, perbatasan dan terpencil, di pulau-pulau terdepan, serta bertugas di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian.

"TNI juga terlibat aktif dalam penanganan bencana dan kebakaran hutan, serta berperan aktif dalam penanganan dampak mewabahnya virus corona," kata Jokowi.

"Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada digarda terdepan dalam misi kemanusiaan," tambah Presiden.

Dalam upacara vitual HUT TNI ke-75 yang mengusung tema "Sinergi Untuk Negeri" tersebut Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letkol Inf Dharmawan didampingi Bupati Abdul Gafur Mas'ud dan Wakil Bupati Hamdam.

Tampak pula Kepala Kejaksaan Negeri I Ketut Kasna Dedi, Kapolres AKBP Muhammad Dharma Nugraha dan Wakil Ketua I DPRD Raup Muin, serta jajaran pejabat tinggi lainnya hadir pada upacara tersebut.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020