Bontang,  (Antara News Kaltim)- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yaumil PT Badak NGL mulai hari ini minggu (12/8)  menyalurkan zakat fitrah bagi mustahik di enam kelurahan sekitar perusahaan  PT Badak yakni Tanjung Laut, Berbas Tengah, Berbas Pantai, Kanaan, Bontang Lestari, Tanjung Laut Indah.

“Sesuai data base Laz Yaumil,  tahun ini kami menyalurkan zakat fitrah untuk 1.886 KK di tujuh kelurahan  yang merupakan daerah buffer zone PT Badak NGL,” kata Kabid Pemberdayaan Ekonomi Laz Yaumil, Sugiono, di Bontang, Minggu (12/8)

Ia mengatakan, sesuai jadwal  hari pertama distribusi zakat fitrah di Masjid Raya Al Hijrah Kota Bontang , Kelurahan Tanjung Laut . Adapun data yang diperoleh Laz Yaumil berdasarkan data penerima zakat (Mustahik)  dari 30 masjid atau musala di tujuh kelurahan  yang ada.

“Para Mustyahik selain  mendapatkan  beras 5 kg per KK, masing-masing mustahik juga mendapatkan  uang transport senilai Rp100.000 per KK,” ujar Sugiono.

Sugiono  menjelaskan jadwal distribusi zakat pertama kalinya, selain di Masjid Raya Al Hijrah, pada sore harinya   dijadwalkan di Masjid Al Muttaqin Lembah Ujung Berbas Tengah.

Selanjutnya  Senin (13/8) dijadwalkan di dua lokasi yakni di Masjid Nurul Iman ,Berbas Tengah dan Masjid Asy Syuhada Berbas Pantai.  Pada  selasa (14/8) dijadwalkan  distribusi di pusatkan di Masjid Nurul Ma’mun Berbas Tengah dan Masjid Al Falah Kanaan.

Sementara jadwal terakhir akan berlangsung Rabu (15/8) di Masjid Arrahman Pagung Bontang Lestari dan Masjid Al Muhajirin Tanjung Laut Indah.

“Untuk tahun ini jumlah mustahik mengalami penurunan  hanya 140 KK jika dibanding tahun sebelumnya  berjumlah 2.026 KK,” ujarnya.

Sugiono menambahkan Laz Yaumil PT Badak berharap kedepan pembagian zakat fitrah lebih terkoordinir  sesuai daerah baffer zone masing-masing perusahaan  yang ada di Kota Bontang, yakni  dengan pembagian zona oleh Bazda Kota Bontang,  sehingga tidak  terjadi tumpang tindih.(*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012