Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paser menggelar kegiatan donor darah guna memenuhi stok darah sehingga tidak ada lagi kasus pasien meninggal atau kematian  akibat kekurangan darah. 


"Harapan kami, stok darah di PMI Paser stabil sehingga tidak ada lagi kasus kematian akibat stok darah yg terlambat atau tidak ada,” kata pelaksana tugas Unit Donor Darah PMI Paser Sumardin, di sela-sela kegiatan donor, di Tanah Grogot, Rabu,(9/9) 

Kegiatan donor ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun  ke-75 PMI yang jatuh pada 17 September mendatang dan dilaksanakan selama empat hari sejak 8-11 September 2020. 

Sumardin menjelaskan permintaan darah di Kabupaten Paser cukup tinggi namun tidak sesuai dengan stok darah yang ada di PMI, sehingga tidak bisa memanuhi kebutuhan permintaan darah.

Kebutuhan darah di Paser kata dia setiap harinya mencapai 10 kantong darah, sementara stok yang ada di PMI per 9 September tersisa 23 kantong. 

"Kegiatan donor darah ini PMI Paser menargetkan 100 pendonor. Pendonor akan diberikan suplemen dan parcel sebagai bentuk terima kasih PMI," katanya.

Dia juga berharap keaktifan masyarakat dalam mendonor darah secara sukarela, dan lebih baik lagi secara rutin mendonorkan darahnya.

Dikemukakan Sumardin dalam kegiatan donor darah  PMI tetap mengikuti aturan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. 

"Standar prokotol kesehatan COVID-19 selalu kami terapkan dalam kegiatan PMI,” tegasnya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020