Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pengabdian Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KPM-LP2M) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda menggelar webinar seri perdana dalam tajuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Relawan COVID-19 Nasional.


Webinar seri pertama ini mengangkat tema sistem pendidikan di masa COVID-19. Baik buruknya penerapan belajar mengajar secara daring dan tatap muka.

“Peserta webinar bukan hanya berasal dari Kaltim saja, tapi juga diikuti beberapa daerah lain yang sebagian diantaranya para guru atau pengajar, " ujar Plt. Sekretaris LP2M UNMUL, Uni W Sagena., Ph.D sesaat sebelum membuka acara mewakili Rektor, Jumat (4/9).

Dia menilai tema webinar sangat relevan dengan kondisi saat ini. Informasi terkini yang didapatkan para peserta tentu akan sangat bermanfaat.

Terlebih para pemateri merupakan pihak yang berkompeten dibidangnya begitu juga untuk para mahasiswa KKN yang sedang melakukan pengabdian pada masyarakat saat ini.

“Kami juga meminta kepada para mahasiswa agar dapat menyimak dan mengikuti webinar dengan serius dan baik. Karena saya yakin akan terdapat inspirasi, strategi dan pengalaman yang didapatkan dari materi – materi presentasi yang disampaikan para narasumber. Sehingga ke depan dapat dimanfaatkan agar terlaksananya kegiatan belajar mengajar maupun implementasi Perguruan Tinggi yang baik di tengah masyarakat,” katanya.
 
Webinar dimoderatori Koordinator P2KPM-LP2M UNMUL, Kiswanto, Ph.D, dengan menghadirkan beberapa narasumber berkompeten.

Salah satunya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian., MPP yang menyampaikan permasalahan Belajar Dari Rumah (BDR), Sekretaris IDI Kaltim serta Dosen Fakultas Kedokteran UNMUL, Dr. dr. Swandari Paramita., M.Kes, yang menyampaikan situasi terkini COVID-19 di Kaltim.

Kemudian Ketua Satgas Pencegahan dan Penanggulan COVID-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara, Dr. H. Tulus Sutopo., MM.Pd, yang membahas manfaat dan kendala kegiatan belajar mengajar secara Daring, serta Dosen FKIP UNMUL, Dr. Sudarman., M.Pd, yang mengemukakan model pembelajaran yang dilakukan secara Daring.

Webinar ini terselenggara atas kerja sama Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020