Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah memiliki satu unit Mobile Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) dan segera dioperasikan untuk mempercepat penanganan kasus COVID-19 yang semakin meningkat.


"Mobilnya baru saja tiba, Insya Allah, mulai besok Mobile Lab PCR Covid-19 sudah kita dioperasionalkan, dan saat ini mobil tersebut masih berada di Kantor kami," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dr Padilah Mante Runa, Kamis.

Dengan adanya mobile lab PCR COVID-19 tersebut, dikatakan Padilah, sangat membantu dalam percepatan proses pemeriksaan hasil swab yang telah dilakukan.

"Kita harapkan mobile PCR ini, bisa secepatnya menyelesaikan pemeriksaan sampel yang sebelumnya sudah antre, di mana kemampuan pemeriksaan sampelnya sehari bisa mencapai 300 sampel," ujarnya.

Setelah selesai semua pemeriksaan sampel, lanjut Padilah, mobile lab PCR akan dioperasikan bagi organisasi perangkat daerah yang memang sudah ada kasus terkonfirmasi positif.

"Bisa secepatnya melakukan pemeriksaan sampel, sehingga bisa secepatnya dilakukan tracing. Bagi pasien positif bisa secepatnya sehingga cepat pula kita memutus rantai penularan Covid-19 khususnya di wilayah Provinsi Kaltim," kata Padilah.

Padilah mengimbau masyarakat Kaltim untuk taat dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan, karena masyarakat menjadi garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai pandemi.

"Virus ini jangan dianggap enteng, karena penularannya sangat cepat, bahkan telah menimbulkan korban jiwa. kita harus taat melaksanakan protokol kesehatan, kapan dan dimanapun berada dalam berbagai aktivitas, sehingga terhindar dari penularan," pesan Padilah Mante Runa.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020