Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim menggelar rapat koordinasi persiapan kepanitiaan Dialog Interaktif Kiprah Desa 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual, pada 7 September 2020.
 

Kepala DPMPD Kaltim, H Muhammad Syirajudin berharap semua yang terlibat unsur kepanitiaan dapat melaksanakan tugas masing-masing dalam mempersiapkan pelaksanaannya.

“Saya yakin semua sudah tahu tugas masing-masing distruktur kepanitiaan. Persiapkan, komunikasikan, dan koordinasikan dengan baik,”katanya  saat menghadiri rapat koordinasi kepanitiaan Dialog Interaktif Kiprah Desa Virtual 2020, di ruang rapat kantor DPMPD Kaltim, Selasa.

Ia mengatakan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya kesiapan sarana dan prasarana video conference, baik peralatan maupun jaringan memadai.

Hal tersebut agar saat pelaksanaan tidak dijumpai kendala masalah jaringan, karena kesuksesan pelaksanaan pertemuan via video conference tergantung kualitas jaringannya. Bila perlu, katanya dilakukan simulasi pelaksanaan dengan melibatkan pihak terkait sebagai tuan rumah pelaksanaan, yakni DPMK Berau dan Kampung Maluang.

Demikian pula pada saat pelaksanaan dialog interaktif mendatang, diharapkan panitia dapat mempublikasikan hasil kegiatan dengan apa adanya sebagai bahan evaluasi dan masukan bersama.

Sementara Sekretaris DPMPD Kaltim, Surono mengatakan rapat Dialog Interaktif Kiprah Desa 2020 merupakan rapat koordinasi virtual pertama di lingkungan DPMPD Kaltim.

"Diharapkan pelaksanaannya dapat berjalan sukses agar menjadi contoh bidang-bidang lingkup DPMPD Kaltim," katanya.

Dikemukakannya bahwa sedianya pelaksanaan dilakukan secara tatap muka di Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau. Akan tetapi seiring kebijakan pelarangan pelaksanaan kegiatan melibatkan orang banyak sebagai antisipasi penyebaran COVID-19, sehingga dirubah rencana pelaksanannya  secara virtual.

“Prinsipnya kita sudah siap, bahkan sudah tes modulasi dengan pihak DPMK dan Kampung Maluang. kami bersama beberapa orang tim akan ke lokasi memastikan lagi kesiapannya,” katanya.

Kasub Perencanaan Program DPMPD Kaltim, Nazly  menambahkan nantinya kegiatan dilakukan dari Kampung Maluang untuk peserta dari Berau, sedangkan peserta dari DPMPD kaltim menggunakan ruang rapat Dispora Kaltim, serta dari kantor masing-masing untuk narasumber yang merupakan Satgas Pengawalan dan Pengawasan Dana Desa Kaltim.

Untuk diketahui, lingkup Kabupaten Berau rencananya dihadiri jajaran DPMK Berau, Kapolsek Kecamatan Gunung Tabur, Danramil Kecamatan Gunung Tabur, Camat Gunung Tabur, Kepala Kampung se Kecamatan Gunung Tabur, serta enam desa berau  dari 15 desa target 2019 dan 25 desa target 2020 sasaran DPMPD Kaltim.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020